Home / Berita / Memahami Proses Perakitan Launching Gantry di Atas Struktur Bangunan

Memahami Proses Perakitan Launching Gantry di Atas Struktur Bangunan

Salah satu proyek ADHI yakni Proyek Pembangunan 6 (enam) Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Tahap 1. KSO atau Kerja Sama Operasi ADHI dengan Jaya Konstruksi ditunjuk sebagai kontraktor pelaksana pembangunan.

Pada proyek pembangunan 6 (enam) Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Tahap 1, terdapat proses pembuatan struktur bentang panjang. Proyek ini menggunakan box girder sebagai struktur bangunannya dan launching gantry sebagai alat bantu pengangkut box girder.

Proses perakitan launching gantry pada proyek pembangunan 6 (enam) Ruas Jalan Tol Dalam Kota, diawali dengan mendatangkan salah satu komponen dari launching gantry yaitu main truss ke lapangan. Main truss atau rangka utama ini akan diangkut menggunakan multi axle truck. Lalu, setibanya rangka utama di lapangan, main truss akan diangkat dan ditempatkan di atas pier dengan menggunakan alat bantu crane. Proses pengangkatan ini tidak terlepas dari pengawasan supervisor dan kerja sama antara operator crane dan pekerja proyek sehingga penempatan rangka utama dapat sesuai dan aman untuk digunakan.

Launching gantry terdiri dari beberapa bagian yaitu under roller launcher, main winch, main truss, spreader dan longitudinal beam. Pertama, under roller launcher merupakan elemen dari launching gantry sebagai roda “main trusses”. Kedua, main winch adalah bagian atau elemen dari launching gantry yang berfungsi sebagai pengangkat segmen box girder precast. Ketiga, main truss adalah rangka utama pada launching gantry sebagai rel penggerak atau mobilisasi alat launching gantry. Keempat, spreader merupakan alat yang menjadi bagian dari main winch, umumnya dipasang ke segmen box girder untuk diangkat ke atas. Kelima, longitudinal beam merupakan elemen gantry launcher yang berfungsi sebagai penopang main trus di bawah under roller.

Sumber In ADHI

Check Also

Direktur Tony Hajar Andenoworih Hadiri Rapat RJPP Pelindo IV

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis (TPB) PT Pelindo IV (Persero), Tony Hajar Andenoworih menghadiri Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *