Home / Berita / Mengenal U Shaped Girder pada LRT

Mengenal U Shaped Girder pada LRT

ADHI akan bercerita tentang primadona LRT Jabodebek yaitu U Shaped girder yang juga digunakan di negara lainnya.

U Shaped girder atau gelagar berbentuk U, tidak hanya digunakan pada LRT Jabodebek, di Indonesia. Negara Cina, sudah lebih dulu menggunakannya, tepatnya pada Shanghai Metro.

Struktur U Shaped pada Shanghai Metro digunakan pada jalur 16 sepanjang 59 km. Struktur U Shape yang digunakan pada Shanghai Metro menggunakan Systra sebagai konsultan pembangunannya. ADHI juga menggunakan Systra sebagai konsultan pembangunan dalam pembangunan proyek LRT Jabodebek.

Jalur ini, termasuk struktur jembatan dengan U Shaped terbesar di dunia, pada jalur 16, U Shaped yang dirangcang oleh Systra untuk Shanghai Metro, menjadi jalur pertama di dunia yang menggunakan 3rd 1500V rail dan hal tersebut dirancang untuk melayani kereta dengan kecepatan 120km/h.

Tidak hanya pada jalur 16, U Shaped pada Shanghai Metro dapat juga ditemukan di jalur 11. Jalur 11 ini merupakan jalur eksklusif yang dirancang oleh Systra dengan U Shaped sepanjang 7.4km agar penumpang metro dapat langsung ke Disney Park di Shanghai.

Shang hai Metro memiliki total jalur sebanyak 16, jalur ini tidak termasuk kereta Maglev Shanghai dan 393 stasiun dengan total panjang jalur 664 kilometer (400mi).

Shanghai Metro, merupakan angkutan cepat atau rapid transit yang terletak di kota Shanghai, Tiongkok. Tahukah Sobat, Shanghai Metro menempati posisi ketiga dalam jumlah penumpang angkutan cepat di dunia, loh! Hal ini, dapat dilihat dari angka 2,5 miliyar mengangkut penumpang pada tahun 2013. Jumlah penumpang Shanghai Metro, dapat mencapai 8 juta perharinya, saat hari kerja.

Sumber In AdhiKarya

Check Also

PAL Indonesia Melakukan Sea Acceptance Test Kapal Selam Alugoro-405

Upacara Hari Peringatan Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2019 digelar di Dermaga Ujung Koarmada 2 Surabaya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *