Home / Berita / Panen Raya Beras Organik, Beras Dewa Bukit Asam

Panen Raya Beras Organik, Beras Dewa Bukit Asam

CSR PTBA bersama dengan kepala desa, masyarakat, dan petani di Desa Pagar Dewa, Muara Enim, Sumatera Selatan, melakukan panen raya beras organik, Rabu (12/9). Beras organik hasil panen raya ini ditanam di sawah seluas puluhan hektar di Desa Pagar Dewa ini.

Desa Pagar Dewa sendiri merupakan salah satu desa binaan CSR PTBA, di mana PTBA mendirikan Badan Usaha Milik Petani (BUMP) PT Pagar Bukit Asam. PTBA sendiri terus berupaya agar pertanian padi di Desa Pagar Dewa ini terus maju dan berkembang sehingga masyarakat Desa Pagar Dewa dapat mandiri dalam pengelolaannya. Guna mewujudkan hal tersebut, PTBA telah melakukan berbagai kegiatan antara lain pendampingan, pelatihan, pemberian alat pertanian, pembangunan gudang produksi dan pengemasan.

Beras organik hasil panen raya ini nantinya akan dikemas dengan merk Beras Dewa Bukit Asam dan diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan nasional. Sementara pasar utama beras organik ini adalah PTBA, di mana beras hasil BUMP PT Pagar Bukit Asam dibeli langsung oleh PTBA. Nantinya beras organik ini akan digunakan dalam program Bukit Asam Peduli untuk dibagikan dalam pembagian sembako.

Diharapkan setelah seluruh petani Desa Pagar Dewa bergabung dalam program pertanian organik ini, Beras Dewa Bukit Asam ini dapat juga dibeli dan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Kabupaten Muara Enim. Hal ini karena dari 150 hektar lahan pertanian di desa pagar dewa memiliki potensi produksi sebesar ±1200 ton per tahun.

Tujuan utama program ini adalah untuk mendirikan sentra industri Bukit Asam (SIBA) bidang pertanian agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para petani. Dengan skema circular economy, seluruh dampak positif maupun negatif dari program ini harus memberikan nilai ekonomi, social dan lingkungan masyarakat. Dengan didirikannya BUMP PT Pagar Bukit Asam, diharapkan masyarakat dan petani Desa Pagar Dewa dapat memaksimalkan bantuan yang telah diberikan PTBA sehingga dapat terwujud kemandirian dan kemajuan Desa Pagar Dewa melalui Beras Organik.

Sumber Situs Web PTBA

Check Also

Dirut Doso Agung Bersama Gubernur Bali Bahas Revitalisasi Pelabuhan Benoa Bali

Direktur utama Pelindo III Doso Agung bersama jajaran direksi Pelindo III kembali melaksanakan pertemuan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *