Home / Berita / Platform Digital Untuk Anak Muda

Platform Digital Untuk Anak Muda

Teknologi digital sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Namun pemanfaatan teknologi digital untuk kepentingan mencari kerja ternyata belum terlalu dimanfaatkan oleh anak muda di beberapa negara berkembang seperti Brasil, India, Indonesia dan Afrika Selatan.

 Analisa penelitian ini menggabungkan dua sumber, yaitu Survei Bank Dunia dan Survei Talent ManpowerGroup untuk mengetahui perspektif perusahaan tentang kesenjangan keterampilan di empat negara  tersebut.

Beberapa temuan yang muncul pada penelitian ini adalah perusahaan mencari lulusan baru dengan keterampilan yang beragam, dan pencari kerja lulusan baru yang melek digital di Brasil, India, Indonesia dan Afrika Selatan kurang memanfaatkan teknologi digital.

Pencari kerja khususnya yang berusia muda perlu lebih memanfaatkan platform digital yang ada saat ini untuk dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki.

Tidak cukup hanya mencantumkan ketrampilan yang berhubungan dengan pekerjaan tetapi juga perlu menampilkan ketrampilan soft skill yang ternyata dibutuhkan oleh perusahaan seperti kreativitas dan inovasi yang pernah dilakukan dan berorganisasi selain di dunia pendidikan. 

 Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat bekerjasama dengan platform digital untuk mengetahui keterampilan apa yang dibutuhkan saat ini sejalan dengan kemajuan teknologi.

Dengan adanya informasi tersebut maka dapat dibuat kurikulum atau ekstrakurikuler wajib di sekolah sehingga mulai dari dini sudah dibekali pengetahuan mengenai keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, pemerintah juga dapat bekerjasama dengan platform digital dengan memberikan e-learning gratis yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Hal ini dapat membiasakan anak muda untuk mau belajar dan belajar cepat sehingga bisa mengimbangi perubahan yang ada. Dengan demikian, kemampuan pencari kerja akan selalu meningkat sesuai perkembangan teknologi. Karena apa yang hari ini dipelajari belum tentu besok relevan. [ec]

Sumber Situs Web Bank Mandiri

 

Check Also

BRI Agro Incar Penambahan Modal Rp700 Miliar Lewat Rights Issue

PT Bank Rakyat Indonesia Agro Niaga Tbk akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *