Home / Berita / Progress Proyek Pembangunan Jaringan Utama Irigasi Bahuga D.I. Komering Paket Mencapai 76,61%

Progress Proyek Pembangunan Jaringan Utama Irigasi Bahuga D.I. Komering Paket Mencapai 76,61%

Progress Proyek Pembangunan Jaringan Utama Irigasi Bahuga D.I. Komering Paket telah berhasil mencapai 76,61% progress pembangunan dan lebih cepat dari target sebesar 59,92%.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempercayakan proyek yang berlokasi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ini kepada KSO WIKA & Tri Bhakti. Pengerjaan proyek ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah Sumatera Selatan yang mejadikan Belitan sebagai lumbung pangan wilayah Sumatera Selatan.

Pembangunan jaringan irigasi dilakukan pada saluran sekunder sepanjang 13,3 KM dan sub sekunder sepanjang 8,8 KM yang berlokasi pada perkebunan karet milik warga di 7 kelurahan di Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur. Sepanjang jalur irigasi tersebut, juga dibangun saluran pembuangan sepanjang 13 KM, jalan beton 8,8 KM dan pekerjaan bangunan irigasi sebanyak 80 unit.

Percepatan progres pekerjaan yang dialami tidak lepas dari inovasi yang dilakukan oleh tim proyek sebagaimana dituturkan oleh Manajer Proyek Mudji Sulasno bahwa timnya menggunakan panel precast sebagai lining pada saluran sekunder dan saluran sub sekunder.

“Dengan mengubah desain lining cor di tempat panel precast memungkinkan kami tetap dapat memproduksi precast saat hujan, jadi saat cuaca baik kami langsung memasang precast sebanyak – banyaknya,” ungkapnya.

Selain bermanfaat bagi irigasi cetak sawah warga saat selesai nanti, proyek ini juga membuka lapangan kerja baru bagi para petani dan masyarakat lokal di sekitar lokasi yang dilibatkan pada proses pengecoran lining, pekerjaan pasangan batu, fabrikasi precast, pemasangan precast dan pengecoran jalan inspeksi.

Sumber InWIKA / edit koranbumn.com

Check Also

Tahun 2023, Road Map K3 PLN Targetkan Zero Accident

Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan aspek Health, Safety, Security, Environment (HSSE) atau Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lindung Lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *