Home / Berita / Proyek Pekerjaan Investigasi Geologi Teknik pada Proyek Pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal

Proyek Pekerjaan Investigasi Geologi Teknik pada Proyek Pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal

Proyek “Pekerjaan Investigasi Geologi Teknik pada Proyek Pembangunan Lamongan Oil Tank Terminal” yang terletak di Pantai Lamongan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan dikerjakan oleh PT Indra Karya (Persero)

Investor pemilik pekerjaan ini adalah PT. Natpac Graha Artamas dengan kontraktor pelaksananya PT Wijaya Karya (Persero).

PT Indra Karya (Persero) – Divisi Survey dan Investigasi terlibat dalam pelaksanaan soil investigasi untuk penyelidikan pondasi.
Pemboran Inti soil investigasi, diperlukan untuk menentukan karakteristik sifat fisik & nilai mekanik tanah pondasi khususnya pondasi dibawah laut yang umumnya terdiri dari soft soil (tanah lunak) marine deposit dengan ketebalan bervariasi.

Pemilihan kedalaman pondasi yang tepat pada lapisan lithologi dengan daya dukung yang cukup untuk bangunan oil tanki, trestel maupun jetty.

Pemboran yang baik dan benar adalah pemboran dengan mengacu pada standard ASTM D2113 dengan target core recovery minimal 90% untuk meminimalkan data loss lapisan tanah meter demi meter. Teknik pemboran menyesuaikan jenis lapisan tanah/stratigrafi (dry drilling atau wet drilling).

Case pemboran di laut dengan ketebalan soft soil bervariasi, dinding lubang bor mudah colapse sehingga harus selalu dikurung dengan temporary casing hingga lapisan keras yang lebih stabil.

Saat ini untuk pekerjaan di lapangan sudah selesai dan dilanjutkan dengan pekerjaan laboratorium. Ini adalah salah satu keunggulan dari PT. Indra Karya (Persero) – Divisi Survey Investigasi adalah memiliki Laboratorium sendiri untuk mengolah data dan melakukan pengujian mekanika tanah yang jarang dimiliki oleh Drilling Kontraktor lain.

Sumber In Indra Karya/ edit koranbumn.com

Check Also

Pasar Murah Petrokimia Gresik di Gerai Pertanian Petromart

Pasar Murah Petrokimia Gresik hadir di halaman gerai pertanian Petromart milik PG di Kec. Sukapura, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *