Home / Berita / Rahwana, Tokoh Antagonis Dalam Kisah Ramayana

Rahwana, Tokoh Antagonis Dalam Kisah Ramayana

Rahwana merupakan tokoh antagonis dalam kisah Ramayana. Dalam Ramayana, Rahwana selalu digambarkan dengan perwujudan angkara murka dan dosa-dosa manusia. Kelahirannya disambut oleh goncangan bumi. Dewa-dewa berusaha mencegah kelahirannya

Dalam mitologi Hindu, Rahwana juga disebut sebagai prabu Dasamuka (दशमुख, bermuka sepuluh). Rahwana dilukiskan memiliki sepuluh kepala yang menyimbolkan bahwa dirinya memiliki pengetahuan yang luas.

Menurut cerita Ramayana, ibu Rahwana adalah puteri seorang Detya bernama Sukesi, menikahi seorang pertapa bernama Wisrawa. Rahwana memiliki kakek bernama Pulastya, putera dari dewa Brahma.

Dari pihak ibunya, Rahwana memiliki kakek bernama Sumali, dan memiliki paman bernama Marica, putera dari Tataka, saudara Malyawan. Rahwana memiliki banyak istri, yang paling terkenal adalah Mandodari, putera Mayasura dengan seorang bidadari bernama Hema.

Salah satu versi cerita Ramayana menjabarkan bahwa Rahwana tidakmampu dibunuh meski badannya dihancurkan sekalipun, sebab ia menguasai ajian Rawarontek serta Pancasona. Untuk mengakhiri riwayat Rahwana, Rama menggunakan senjata Brahmastra yang tidak biasa. Senjata tersebut menembus dada Rahwana dan merenggut nyawanya seketika.

Sumber TWC , edit koranbumn

Check Also

Kemandirian Ekonomi di Bidang Industri Bahan Peledak, JVA Antara DAHANA dan Pupuk Kaltim Bangun Pabrik AN Tahun Ini

Masyarakat Indonesia layak berbangga, karena sesaat lagi bangsa ini akan memiliki Pabrik Amonium Nitrat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *