Home / Berita / Rail Clinic Kunjungi Warga Awipari Tasikmalaya

Rail Clinic Kunjungi Warga Awipari Tasikmalaya

Setelah sebelumnya hadir di Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, kini Rail Clinic (Kereta Kesehatan) PT KAI hadir di Awipari Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Kamis (02/08). Kereta yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan ini akan melayani sekitar 300 warga RW 01 RT 01 sampai RT 05 Kelurahan Awipari. “Rail Clinic akan tersedia di jalur 1 Stasiun Awipari untuk melayani warga. Kami sudah menyebar sekitar 300 undangan untuk memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis ,” demikian diungkapkan Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus. Menurut Joni, Rail Clinic adalah program rutin yang digelar PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat. “Rail Clinic ini pun sebagai hasil kerjasama antara PT KAI dan PT Jasa Raharja sebagai bentuk kemanfaatan BUMN untuk Negeri,” tambahnya.

Program ini digelar dalam Bakti Sosial yang meliputi berbagai kegiatan mulai dari pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan gigi untuk anak SD, sosialisasi keselamatan, dan pemberian bantuan kacamata serta alat olah raga untuk masyarakat. “Selain pemeriksaan dan pengobatan gratis, kami pun memberikan bantuan 35 kacamata baca serta alat olah raga untuk masyarakat. Harapan kami, bantuan ini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dari berbagai aspek termasuk di dalamnya ada Rail Library untuk memupuk minat baca masyarakat,” tambah Joni. Selain warga yang akan berobat, Daop 2 pun mengundang sekita 100 anak SD dari SDN Karangsambung 1, SDN Karangsambung 2, dan Madrasah Ibtidaiyah Al Khoiriyah. Joni menyampaikan bawha anak-anak SD ini akan mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Rail Clini yang hadir adalah generasi ke-4 dengan fasilitas lebih lengkap , terdiri dari ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan mata, ruang pemeriksaan dokter umum, apotik, laboratorium mini, ruang pemeriksan kesehatan ibu dan anak, dan perpustakaan. Rail Clinic memang dimaksudkan PT KAI untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di lintasan jalur kereta api. Hal ini dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan. Adapun pelayanan Rail Clinic terdiri dari pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak (KIA), KB, laboratorium, pemeriksaan mata, dan apoteker.

Sumber Situs Web KAI

Check Also

Pertama di Indonesia, INTI Produksi Tabung LPG Composite

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (INTI) siap memproduksi tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) Composite, untuk pertama kalinya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *