Home / Berita / Rangkul Generasi Milenials melalui Seminar Kemaritiman

Rangkul Generasi Milenials melalui Seminar Kemaritiman

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III  menggandeng Universitas Trisakti dalam penyelenggaraan kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus (P3GTC) Kamis (6/9). Tujuannya untuk mengenalkan perusahaan ke generasi muda sekaligus mengubah mindset para milenials tentang BUMN khususnya kepelabuhanan. Kegiatan yang dilakukan dengan metode seminar tersebut mengusung tema menghadapi era disrupsi dengan digitalisasi teknologi, diversifikasi bisnis dan transformasi organisasi.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan acara tersebut merupakan acara rutin Pelindo III untuk mendekatkan diri pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

“Kerja di BUMN saat ini lebih fun, jangan dibayangkan semua BUMN pasti birokratis. Sebagai perusahaan milik negara tetap kami harus mengikuti perubahan zaman, jika kami tidak mengikuti perubahan itu BUMN akan mengalami ketertinggalan dalam menghadapi persaingan global,” tutur Faruq Hidayat.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa era disrupsi merupakan fenomena yang cepat berubah. Oleh karena itu, dibutuhkan adaptasi secara cepat dan tepat.

“Contoh yang bisa kita lihat saat ini adalah kemunculan transportasi daring adalah salah satu dampak dari era disrupsi yang paling populer. Kendati mereka tidak memilik kendaraan sendiri, namun mereka dapat menguasai pasar secara global. Tidak hanya di Indonesia, namun mereka ada di berbagai negara,” imbuhnya.

Wakil Rektor III Universitas Trisakti Dr. Hein Wangania, SH., MM., MH dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengungkapkan bahwa pengetahuan tentang kepelabuhanan sangat dibutuhkan oleh generasi muda sebagai penerus bangsa karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan dan kemaritiman terbesar di dunia.

Ia  berharap agar mahasiswa Trisaksi dapat bergabung dengan Pelindo III kedepannya untuk lebih mengembangkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia agar mampu bersaing dengan pelabuhan negara tetangga seperti Singapura dan Shanghai yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia.

Pada kegiatan seminar tersebut diisi oleh 3 narasumber dari Pelindo III Group yaitu Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat, Direktur Utama BJTI Port Hot Rudolf Marihot dan Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Dothy. Pada paparannya, para nara sumber menjelaskan mengenai pengenalan Pelindo III secara umum mulai dari bidang usaha kepelabuhanan hingga inovasi yang dilakukan oleh Pelindo III.

Dalam menjalankan bisnis perusahaan di era disrupsi, Pelindo III menerapkan tiga hal yaitu digitalisasi teknologi, diversifikasi bisnis dan transformasi organisasi. Salah satu digitalisasi teknologi yang dimiliki Pelindo III dalam menjawab perubahan zaman adalah aplikasi Home Terminal System yang berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan sehingga pengguna jasa dapat memesan berbagai layanan cukup melalui aplikasi di smartphone.

“Aplikasi ini dihadirkan sebagai nilai tambah layanan Pelindo III yang manfaatnya bisa langsung dirasakan. Selain sebagai media marketing dan informasi ke pelanggan serta marketplace sekaligus menjadi implementasi model pemasaran yang mengutamakan kebutuhan pelanggan/customer-based,” pungkas Faruq.

Sumber Situs Web Pelindo 3

Check Also

IPC dan Pelindo I Tandatangani Perjanjian Induk Penyiapan Kerja Sama Operasi Pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar Batam

IPC tandatangani Perjanjian Induk ttg Penyiapan Kerja Sama Operasi Pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar Beserta Area …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *