Home / Berita / Seminar Nasional Tol Laut di Atas Kapal KM. Dorolonda

Seminar Nasional Tol Laut di Atas Kapal KM. Dorolonda

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Pelindo 3, Pelni, dan Panitia HPN Tahun 2019 menyelenggarakan Seminar Nasional Tol Laut di atas kapal KM. Dorolonda yang dioperasikan Pelni di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, hari ini, Senin (4/2/2019).

Seminar Nasional yang mengangkat tema “Melanjutkan Konektivitas, Membuka Jalur Logistik, dan Menekan Disparitas Harga Barang” ini bertujuan untuk lebih menggemakan lagi Program Tol Laut dalam mendukung kelancaran jalur distribusi logistik nasional.

Narasumber pada seminar ini yakni Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita , serta perwakilan dari Menteri Kelautan dan Perikanan juga dari Menteri Pertanian. Selain itu turut hadir Direktur Utama Pelindo 3, Pelindo 4, Pelni, dan perwakilan BUMN lainnya, Pemerintah Daerah, perusahaan pelayaran, akademisi, asosiasi, wartawan media massa, dan stakeholder terkait.

Para pemangku kepentingan duduk bersama dan berdiskusi demi meningkatkan lagi kontribusi Program Tol Laut pada efisiensi dan efektivitas arus logistik Indonesia. Kegiatan ini menelurkan Deklarasi Dorolonda yang ditandatangani bersama pada hari ini.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Meringankan Tarif Jasa Kepelabuhanan antara Kemenhub dengan Pelindo I – IV, penyerahan life jacket untuk operator pelayaran rakyat, penyerahan surat kapal, dan buku pelaut oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pelindo Daya Sejahtera dengan Poltek Surabaya terkait pelaksanaan diklat kemaritiman Sertifikasi Basic Safety Training oleh Pelindo Development Center yang berada dibawa Pelindo Daya Sejahtera.

Direktur Utama Pelindo 3 Doso Agung mengatakan, dengan semakin kompetitifnya tarif jasa kepelabuhanan, kedepannya diharapkan harga-harga barang di wilayah Indonesia barat dan Timur bisa setara.

Sumber Pelindo 3, edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

 Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *