Home / Berita / Sinopsis “Robert Anak Surapati”

Sinopsis “Robert Anak Surapati”

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Robert Anak Surapati” karya Abdoel Moeis

Robert adalah seorang anak yang terlahir dari hasil percintaan secara diam-diam seorang ibu keturunan Belanda dengan seorang ayah keturunan Jawa. Ibu Robert meninggal di atas kapal Dolfin dalam perjalanan pulang ke negeri Belanda, kemudian Robert diasuh dan dijadikan anak angkat Tuan van Reijn seorang saudara kaya keturunan Belanda.

Robert mengetahui bahwa dirinya bukanlah anak kandung dari Tuan van Reijn dari surat ayah angkatnya yang ditulis sebelum meninggal dunia. Robert pun akhirnya meninggalkan rumah berpetualang dan akhirnya menjadi serdadu yang siap menjajah.

Konflik batin yang dialaminya saat berada di simpang pilihan identitas kebangsaan menunjukan jejak-jejak kolonialisme sekaligus mengemukakan wacana pascakolonial yang lazim dialami oleh mereka yang lahir sebagai peranakan atau berstatus Indonesa-Belanda. Suara yang keluar dari dirinya inilah yang menyebabkan Robert Anak Surapati bersifat historis.

Keberadaan novel ini selanjutnya seperti menetapkan Abdoel Moeis sebagai seorang yang memiliki fokus pada pergulatan wacana pascakolonial sebagaimana juga dalam Surapati (1950) dan Salah Asuhan (1928) yang juga kental dengan nuansa kritik atas kolonialisme Belanda di bumi Nusantara.
Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 08122351895
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber BalaiPustaka /edit koranbumn

Check Also

Proyek JTB akan Pasok Kebutuhan Gas PGN untuk Jawa Timur

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) tengah mencari pasokan gas tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *