Home / Berita / Sukses Tahun Lalu, BNI & ITB Gelar Kembali Lomba Ultra Marathon

Sukses Tahun Lalu, BNI & ITB Gelar Kembali Lomba Ultra Marathon

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar lomba lari BNI ITB Ultra Marathon yang kedua tahun 2018 bertemakan Tribute to ITB. Lomba lari yang akan menjangkau jarak 170 kilometer antara Jakarta – Bandung ini dinilai sukses pada penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Demikian terungkap dalam Konferensi Pers tentang Persiapan menjelang lomba lari tersebut di Jakarta, Senin (17 September 2018). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Alumni dan Humas ITB Samitha Dewi Djajanti, Ketua Umum Yayasan Solidarity Forever (YSF) Susilo Siswoutomo, Ketua Panitia BNI ITB Ultra Marathon Gatot Sudariyono, dan Race Director Lexi Rohi.

Ultra Marathon ini akan kembali diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Oktober 2018. Ini merupakan yang kedua kalinya  dilaksanakan secara kolaborasi antara BNI, ITB, dan YSF.  Pada saat lomba dimulai, para peserta akan start berlari dari Kantor Pusat BNI di Jalan Sudirman, Jakarta, menuju Kampus ITB di Jalan Ganesha, Bandung, menempuh jarak sejauh 170 km.

Dukungan BNI terhadap event olahraga ini diberikan secara total, sehingga BNI berhak menggunakan menjadi Title Sponsor acara ini, sehingga acara ini diberi nama resmi “BNI ITB Ultra Marathon “. Pilihan ITB dalam menggandeng BNI pada kompetisi ini adalah hal yang tepat mengingat BNI merupakan bank-nya perguruan tinggi. Nama BNI identik dengan perguruan tinggi, karena BNI sangat fokus melayani kebutuhan layanan perbankan perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah ITB. Dalam hal ini BNI juga membantu ITB dalam mengelola dan mengembangkan endowment fund (dana lestari), karena sebagai perguruan tinggi berbadan hukum, ITB harus lebih mandiri dalam mencari sumber pendanaan.

Di samping sebagai ajang berolahraga, acara BNI ITB Ultra Marathon ini merupakan salah satu sarana bagi BNI dan ITB dalam menggalang endowment fund dari civitas akademika ITB khususnya para alumni dan anthusias ITB. Endowment fund yang dikembangkan bersama antara BNI dan ITB berbentuk Reksa Dana yang diberi nama Reksa Dana ITB Harmoni BNI AM yang dikelola oleh PT BNI Asset Management (selanjutnya disebut “BNI-AM”) yang merupakan perusahaan anak dari BNI.

Adi Sulistyowati yang akrab disapa Susi menuturkan, keikutsertaan BNI merupakan dukungan dalam menyambut 100 tahun berdirinya ITB pada tahun 2020 nanti. Dukungan tersebut merupakan bagian dari komitmen dari BNI dan ITB untuk bersama-sama menyelenggarakan acara serupa pada tahun 2018, 2019, hingga 2020 saat ITB genap berusia 100 tahun. Untuk memeriahkan rangkaian perayaan 1 abad tersebut, BNI turut mengajak perusahaan anak yaitu BNI Life dan BNI-AM. BNI juga menggunakan lokasi kantor cabang di Cianjur Kantor BNI Cabang Cianjur juga diberdayakan sebagai water station untuk peserta dapat minum dan beristirahat sejenak.

Bersamaan dengan penyelenggaraan acara tersebut, BNI–AM mendapat kepercayaan untuk menjadi Manajer Investasi yang mengelola dana Endowment Fund milik ITB ini.

Perlindungan untuk Pelari

Dalam kegiatan BNI ITB Ultra Marathon 2018, BNI Life berkesempatan digandeng oleh Induk perusahaannya BNI untuk memberikan perlindungan asuransi kepada para peserta lari marathon tersebut berupa asuransi jiwa dan penggantian biaya rawat medis. Uang pertanggungan yang diberikan kepada masing masing peserta maksimal sebesar Rp 10 juta. BNI Life siap memberikan perlindungan asuransi jiwa dan rawat inap bagi para pelari.

Lomba Ultra Marathon 170 km) menjadi salah satu bentuk kegiatan sinergi antara  BNI Life dengan Induk Perusahaannya. Pada kesempatan ini BNI Life turut membuka booth guna memperkenalkan produk BNI Life  secara lebih lengkap.

“Produk perlindungan BNI Life didesain untuk melengkapi tahapan kehidupan masyarakat, sesuai dengan tagline #EazyLifeBNILife , yang selalu hadir memberikan perencanaan masa depan dan perlindungan yang terpercaya dengan segala kemudahannya,” jelas Shadiq Akasya, Direktur Utama BNI Life.

Reksadana Khusus

Adapun BNI-AM berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia. BNI-AM telah bekerja sama dengan ITB selama 1 tahun dalam mengelola Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM. Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM ini merupakan Reksa Dana jenis Pendapatan Tetap yang diterbitkan dengan tujuan untuk mendapatkan bunga dan apresiasi nilai pokok dengan aset dasar minimum 80% pada efek bersifat Utang yang diterbitkan di Indonesia dan maksimum 20% pada instrumen Pasar Uang dan/atau Deposito.

Cara pembelian Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM adalah melalui Agen Penjual Reksa Dana BNI-AM, baik di perusahaan sekuritas, cabang Bank BNI, maupun Agen Penjual Online dengan harga mulai Rp 100.000 per unit penyertaan. Sebagai informasi, investor dapat mengetahui kinerja Reksa Dana ini, melalui website di agen-agen penjual Reksa Dana maupun laporan NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang dikirimkan oleh Bank Kustodian secara reguler. Sebagian imbal hasil investasi tersebut akan dialokasikan untuk mengembangkan Dana Lestari ITB.

“Saat ini komposisi investor yang berinvestasi di Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM terdiri atas komunitas alumni ITB & investor institusi BNI-AM. Kami berharap semua mahasiswa & seluruh alumni serta civitas akademika ITB lainnya dapat turut berinvestasi demi kemajuan  ITB  karena imbal hasil investasi Reksa Dana ini dapat digunakan untuk pengembangan kampus baik untuk  riset, beasiswa,  pengembangan sarana, maupun  prasarana kampus,”  ujar Reita Farianti selaku Direktur Utama BNI Asset Management.

Lampaui 2.000 Pendaftar

BNI ITB Ultra Marathon Kedua ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat, baik dari kalangan umum maupun dari kalangan alumni ITB. Terdapat penambahan peserta yang signifikan dibandingkan tahun 2017. Sampai dengan saat ini tercatat lebih dari 2.000 peserta kategori Ultra Marathon dan Festival. Sementara itu, kategori fun run 5 K masih berlangsung pendaftarannya.

Lonjakan peserta paling tinggi berasal dari lari festival kategori relay 16, artinya 1 tim terdiri dari 16 orang berlari 10,7 K per orang. Pada tahun 2017 tercatat 41 tim, sedangkan untuk tahun 2018 meningkat menjadi 98 tim atau sebanyak 1.568 peserta.

Melihat antusiasme masyarakat yang sangat besar ini, panitia berencana menjadikan acara ini sebagai event tahunan, dengan harapan event seperti ini bisa mempromosikan gaya hidup sehat bagi masyarakat secara umum, khususnya bagi alumni ITB dan keluarganya.

Mengapa 170K dan mengapa dari Jakarta ke Bandung? Ini adalah simbolisasi perjalanan panjang dan melelahkan dari para alumni ITB ketika menyelesaikan studinya di ITB dengan sistem pendidikan yang spartan. Jakarta dipilih karena sebagai ibukota negara Jakarta adalah simbol Indonesia, yang mewakili mahasiswa ITB yang berasal dari seluruh wilayah nusantara.

Mereka semua berdatangan dari seluruh pelosok negeri untuk belajar teknologi di perguruan tinggi teknologi tertua di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Jadi lomba dan festival ultra marathon ini menggambarkan perjuangan panjang dan tanpa lelah dari alumni ITB, sejak mereka belajar keras dan spartan di bangku kuliah, sampai dengan saat ini bekerja keras demi membangun bangsanya.

Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat adalah bahwa membangun negeri ini membutuhkan kerja keras dan ketekunan yang luar biasa layaknya seorang pelari ultra marathon. Berlari ultra marathon sejauh 170K yang sangat berat pun sebenarnya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan upaya membangun (karakter) bangsa yang merupakan perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan. Tetapi kerja keras dan ketekunan saja ternyata tidak cukup. Masih dibutuhkan kerjasama diantara seluruh elemen bangsa. Karena itulah dalam acara ini juga diadakan kategori Relay 16, untuk menggambarkan perlunya kerjasama yang erat dan bahu membahu untuk menaklukkan rute panjang dan terjal antara Jakarta dan Bandung sejauh 170K.

Bagi para pecinta olah raga lari, masih terbuka pendaftaran BNI ITB Ultra Marathon untuk kategori Lomba yaitu solo dan relay 2 x 85 K, serta masih sangat terbuka untuk pendaftaran fun run 5 K di bandung.

Kategori Lomba

Kegiatan BNI ITB Ultra Marathon 170 Kilometer diselenggarakan untuk mengajak masyarakat umum berpartisipasi sebagai peserta dan juga menjadi athusiast ultra marathon, secara khusus untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada almamaternya.

BNI ITB Ultra Marthon ini, memiliki 3 kategori kegiatan yaitu Lomba (berhadiah), Festival dan Fun Run. Kategori lomba dibuka untuk ultra marathon yg berlari diatas 42 kilometer, sedangkan untuk kategori festival merupakan non ultra marathon yaitu pelari relay 4 dan seterusnya.

Sementara untuk Fun Run merupakan lari dengan jarak tempuh 5 Kilometer.

Untuk kategori lomba, ada 2 jenis lomba yaitu Solo 170K Putra dan Putri serta Relay 2x85K Putra Putri. Untuk kategori festival, ada 3 jenis acara yaitu Relay 4 x 25 K, Relay 8 x 21K, dan Relay 16 x 10.7K

Sedangkan Fun Run 5 K diadakan untuk menyambut kedatangan para pelari ultra marathon, dan akan mengambil posisi start dari Jalan Ir. Soekarno, menuju Kampus ITB, Jalan Ganesha 10, Bandung.

Sumber Siaran Pers BNI

Check Also

Sinergi INTI dengan TELKOM, Kerja Sama Pemanfaatan Produk dan Layanan INTI

Tiga minggu berselang setelah penandatanganan nota kesepahaman tentang Kerja Sama Pengelolaan Aset Network Terminal Equipment …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *