Home / Berita / Tes Sinyal Proyek KPBU Palapa Ring Tengah

Tes Sinyal Proyek KPBU Palapa Ring Tengah

PT PII mengadakan kegiatan Tes Sinyal proyek KPBU Palapa Ring Tengah Bersama dengan Menteri Keuangan, Menteri Komunikasi & Informatika (Kominfo), Menteri Kesehatan dan Menteri Perhubungan serta Gubernur Sulawesi Utara. (18/1/2019)

Acara tes sinyal proyek KPBU Palapa Ring Tengah ini diadakan di Kota Tahuna, ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan agenda Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Sekjen Kementrian Perhubungan yang sedang berada di Kota Jakarta untuk melakukan uji coba proyek Palapa Ring Tengah.

Kepulauan Sangihe yang menjadi tempat acara PT PII ini berada di bibir Samudera Pasifik dan di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao Filipina, sehingga menjadikan lokasi ini sebagai salah satu batas terluar wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

PT PII memberikan penjaminan pada proyek Palapa Ring Tengah terhitung sejak Maret 2016, dimana proyek Palapa Ring Paket Tengah ini nantinya akan memenuhi kebutuhan telekomunikasi berbasis data dengan jaringan kabel fiber optik yang menjangkau 17 kabupaten dan kota terpencil di wilayah Indonesia bagian Tengah, yaitu Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, sampai dengan Kepulauan Sangihe Talaud.

Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Perusahaan untuk mendukung pembangunan infrastruktur Negeri khususnya di titik-titik terluar, terpencil dan terdepan di Indonesia, maka PT PII berharap kehadiran sambungan internet yang tersedia di Kepulauan Sangihe ini dapat memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat, termasuk mendukung aktivitas pemerintahan, pemerataan pendidikan, bahkan menggerakkan roda perekonomian bagi wilayah-wilayah potensial.

Acara tes sinyal Palapa Ring Paket Tengah yang diinisiasi oleh PT PII ini diharapkan dapat menunjukan kepada masyarakat salah satu bentuk nyata dari manfaat skema KPBU bagi Indonesia. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Keuangan dan komitmen dari Kementerian Kominfo selaku PJPK)m sehingga proyek Palapa Ring Tengah yang saat ini telah selesai konstruksinya akan segera berfungsi penuh memberikan manfaat yg luar bisa bagi masyarakat.

Sumber PII / edit koranbumn

Check Also

Pertamina Sepakat Beli Minyak Mentah Exxonmobil

PT Pertamina (Persero) sepakat menyerap minyak mentah (crude) jatah Exxonmobil hingga 650.000 barel dari lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *