Home / Berita / WIKA Menyelesaikan Pembangunan Bendungan Logung

WIKA Menyelesaikan Pembangunan Bendungan Logung

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap menjalani proses pengisian atau impounding pada akhir November 2018. Bendungan ini merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla mewujudkan ketahanan pangan dan air nasional. Dimulai pada tahun 2015, Bendungan ini dibangun oleh WIKA dengan target selesai pada akhir tahun 2018 oleh KSO PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) & PT. Nindya Karya

Hernowo Adrianto selaku Manajer Proyek Bendungan Logung menjelaskan Bendungan dengan tipe urugan inti tegak tersebut sudah sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Kudus dan Pati Jawa Tengah. Bendungan ini memiliki tinggi 56 meter dan panjang 350 m dan mampu menampung air sekitar 20,15 juta m3, dengan volume efektif sebesar 13,72 juta m3. Bendungan Logung akan mengairi sawah dari semula 2.200 Ha menjadi seluas 5.296 Ha dengan sumber air baku sebesar 200 liter/detik. “Bendungan ini juga akan mampu mengurangi banjir hingga 25%, serta menjadi tujuan wisata dan dan berpotensi menghasilkan aliran listrik mikro hidro sebesar 0.5 Megawatt,” ujar Hernowo.

Untuk WIKA sendiri, Bendungan Logung masuk dalam satu dari sejumlah proyek bendungan yang dikerjakan Perseroan termasuk Bendungan Passeloreng, Bendungan Kuningan, Bendungan Pamukkulu, Bendungan Karian, Bendungan Kuwil Kawangkoan, Bendungan Tugu, Bendungan Keureuto, Bendungan Sei Gong, Bendungan Sei Padang, Bendungan Lawe-Lawe, dan Bendungan Sukamahi.

Sumber InWIKA

Check Also

Menteri Erick Thohir Keluarkan Larangan BUMN Beri Cindera Mata atau Suvenir

Menteri BUMN Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang isinya larangan bagi-bagi cindera mata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *