Home / Berita / Aktivitas Dunia Usaha Melambat Pada Kuartal III

Aktivitas Dunia Usaha Melambat Pada Kuartal III

(Daily Economic And Market Review Tanggal 15 Oktober 2018)

Kegiatan usaha tumbuh melambat pada Q318 dibandingkan Q218.

 Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa saldo bersih tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada Q318 tumbuh 14,3%, lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya yang sebesar 20,9%.

Hampir semua sektor mengalami perlambatan.

 Kegiatan usaha di hampir semua sektor tumbuh melambat pada Q318 dibandingkan Q218, terutama sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, dan sektor pengangkutan dan komunikasi

Kondisi likuiditas masih terjaga dan akses kredit perbankan masih relatif mudah.

Kondisi keuangan perusahaan secara umum masih cukup terjaga. Sebagian besar responden (63%) menjawab likuiditas perushaan pada Q318 cukup baik dan hanya 4,7% responden mengkonfirmasi bahwa kondisi likuiditas perusahaan memburuk.

Responden masih optimis perolehan margin usaha akan lebih baik pada semester II 2018.

Hasil survei mengkonfirmasi bahwa perolehan margin usaha secara rata-rata diperkirakan sebesar 16,7% pada semester II 2018, lebih tinggi dibandingkan margin usaha pada semester I 2018 yang sebesar 16,3%. (raw)

Sumber Bank Mandiri

 

Check Also

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Melakukan Penandatanganan MOU

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan penandatanganan MOU terkait dengan Penyelenggaraan Program Jaminan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *