Home / Berita / BNI Jadi Mitra Tunggal Pembayaran Ujian Masuk PTKIN

BNI Jadi Mitra Tunggal Pembayaran Ujian Masuk PTKIN

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terpilih sebagai bank mitra tunggal atau single partner untuk pembayaran pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2018. Sebagai mitra tunggal, BNI memberikan keringanan bagi para calon peserta UM PTKIN dalam bentuk gratis biaya bank kecuali yang dilakukan pembayaran melalui bank lain. Layanan ini terselenggara sebagai buah dari kerja sama antara BNI dengan Panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional – Ujian Masuk- Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UMPTKIN).

UM PTKIN 2018 penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dilakukan melalui ujian tertulis secara nasional. Proses ini kembali dilakukan pada seleksi mahasiswa baru tahun 2018 karena UM PTKIN dinilai dapat memberikan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTKIN, maupun bagi kepentingan nasional.

Tahun ini, calon peserta UM PTKIN 2018 dimudahkan melakukan pembayaran pendaftaran UM PTKIN melalui BNI mulai 10 April hingga 10 Mei 2018. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai melalui teller di lebih dari 1.800 outlet BNI, atau melalui jaringan ATM BNI, menggunakan BNI SMS Banking, melalui fasilitas Keagenan Laku Pandai BNI (Agen46), serta melalui layanan e-Collection untuk pembayaran dari bank lain.

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, potensi jumlah transaksi yang dapat dilayani BNI mencapai sekitar 200.000 transaksi, yang berasal dari para calon peserta UM PTKIN 2018. Pembayaran melalui BNI ini ditegaskan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara SPAN-UM PTKIN dengan BNI di Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia, dilaksanakan oleh Ketua Umum SPAN-UM PTKIN Musafir dan Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI Shadiq Akasya.

“Potensi jumlah pendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri melalui Ujian SMPTN tahun 2018 adalah sekitar 800.000. Dari jumlah tersebut, diperkirakan sekitar 25%-nya adalah pendaftar Ujian Masuk PTKIN. Melihat potensi tersebut, BNI kembali bekerja sama dengan panitia SPAN-UM PTKIN dengan menjadi single partner dari sisi pembayaran,” ujar Kiryanto.

Pembayaran biaya pendaftaran UM PTKIN di BNI dapat dilakukan setelah calon peserta memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan oleh Panitia Pelaksana. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer). Untuk pembayaran secara tunai, calon peserta tidak perlu mengisi formulir apapun melainkan cukup menyebutkan kode pembayaran yang diperoleh pada saat melakukan pendaftaran di laman https://um-ptkin.ac.id.

Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000 yang dapat dibayar melalui BNI ATM, BNI SMS Banking dan fasilitas Keagenan tanpa biaya tambahan apapun. Bagi calon peserta yang tidak mempunyai rekening BNI diberikan fasilitas juga melalui menu e-Collection yang dapat dibayarkan dari semua bank. Khusus untuk pembayaran yang dilakukan melalui bank lain akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 1.500.

Sebagai single partner, BNI juga memberikan dukungan dengan turut mempromosikan Ujian Masuk PTKIN melalui pemasangan spanduk di kantor-kantor cabang BNI dan media sosial BNI.
.

Sumber Rilis BNI
Editor : koranbumn01

Check Also

Perampingan Tujuh Deputi, Muncul Tiga Deputi Baru di Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perampingan struktur organisasi kementerian dengan memberhentikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *