Home / Berita / BRI – OJK Luncurkan Empat Program Inklusi Perbankan

BRI – OJK Luncurkan Empat Program Inklusi Perbankan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama untuk mempermudah masyarakat mengakses produk perbankan melalui empat program inklusi keuangan dan perlindungan konsumen. Program tersebut diluncurkan saat gelaran Financial Inclusion Expo (FinEXPO) 2018.

Gelaran tersebut dilakukan untuk merayakan Bulan Inklusi Keuangan yang jatuh pada Oktober setiap tahunnya. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah Sundown Run 2018 yang bertema ‘Semua Inklusi, Perlindungan Pasti’ di Kuningan, Jaksel pada Sabtu (27/10) yang dihadiri pula oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.

“Kegiatan ini merupakan sarana yang baik untuk memasyarakatkan berbagai produk keuangan perbankan pada masyarakat luas. Melalui event semacam ini, diharapkan masyarakat mampu mengakses berbagai produk perbankan dengan lebih mudah,” ungkap Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, Sabtu (27/10/2018).

Handayani menjelaskan bahwa ada empat program inklusi keuangan dan perlindungan konsumen yang diluncurkan OJK. Pertama, Simpanan Pelajar (SimPel dan SimPel iB) Goes to School, lalu Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda) yakni tabungan bagi kelompok usia 18-30 tahun yang dilengkapi fitur asuransi dan produk investasi.

Ketiga, Reksa Dana Syariahku (SAKU) yaitu program investasi syariah untuk pelajar dan mahasiswa berupa produk reksa dana syariah dengan syarat yang sederhana. Terakhir ada Reksa Dana Mini Mart yang merupakan penjualan reksa dana melalui minimarket. Program reksa dana ini diterbilkan untuk menambah alternatif pilihan pembayaran reksa dana selain transfer bank, pembayaran juga bisa secara tunai atau e-money bahkan debit di seluruh jaringan minimarket.

Pada kegiatan itu, BRI menyediakan booth yang melayani pembukaan rekening tabungan SimPel yang setoran awalnya hanya Rp 5 ribu. Bisa juga membuka rekening SiMuda dengan setoran awal hanya Rp 50 ribu saja.

Khusus SiMuda, BRI menyediakan hadiah langsung berupa goodie bag. Lalu, bisa berkesempatan untuk mengikuti Lucky Dip dengan hadiah Apple Watch dan Kamera Digital.

“Kami menawarkan berbagai hadiah menarik pada nasabah yang hadir membuka rekening di booth BRI,” kata Handayani.

Selain itu, BRI juga menghadirkan 15 siswa SD yang berasal dari 15 sekolah di Jabodetabek untuk mengikuti program edukasi mengenai menabung sejak dini yang dikemas dalam aktivitas menarik. Seperti menggambar dan menonton video edukasi keuangan.

Para siswa juga diajak bermain selama acara berlangsung dengan memberikan sejumlah kuis sederhana. Bagi yang bisa menjawab, diberikan hadiah voucer pembelian buku di Gramedia.

Handayani juga mengungkapkan bahwa per September 2018 ini, BRI berhasil mengimplemantasikan program SimPel dengan perolehan lebih dari 18,7 juta rekening dengan total dana sebesar Rp 3,8 triliun. Perolehan ini merupakan usaha BRI untuk terus mengedukasi masyarakat sejak dini agar melek berbagai produk keuangan khususnya pelajar dan mahasiswa.

Data BRI menyatakan pada 2016 indeks literasi keuangan meningkat menjadi 29,7% dari 21,8% pada 2013. Begitu pula dengan indeks inklusi keuangan dari sisi tingkat penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan tahun 2016 yang meningkat menjadi 67,8% dari 59,7% di tahun 2013.

“Perlindungan bagi nasabah merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk meningkatkan inklusi keuangan agar masyarakat merasa aman dan nyaman serta yakin dalam memanfaatkan berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan BRI. Kami harap kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi semua pihak untuk terlibat secara langsung dalam literasi dan inklusi keuangan,” tutup dia.

Sumber detik.com

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *