Home / Berita / Bulog Pasok Beras Hingga Ke Pengecer

Bulog Pasok Beras Hingga Ke Pengecer

Perum Bulog memastikan terus melakukan program stabilitas harga pangan menjelang Natal dan tahun baru terus berjalan. “Stabilisasi harga melalui kegiatan KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabi­lisasi Harga) terus kita laku­kan. Artinya, pengendalian dilakukan hingga tingkat eceran,” ungkap Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Siti Kuwati kepada Rakyat Merdeka, pada akhir pe­kan.

Dia menjelaskan, agar stok beras dapat dipasok ke pasar tanpa hambatan, Bulog terus memperluas jaringan dan titik distribusi sampai dengan titik kantor kelurahan/desa, pemukiman padat penduduk, maupun warung di tingkat desa. Se­lain itu, pihaknya juga man­faatkan Rumah Pangan Kita (RPK), jaringan pengecer binaan bisnis komersial Bulog.

Siti mengungkapkan, pihaknya ke depan akan mengembangkan skema kerja sama komersil untuk menjalankan amanat pemerintah untuk menyediakan bahan pangan pokok mu­rah dan berkualitas kepada masyarakat.

“Dengan langkah itu, (menerapkan skema komer­sil) diharapkan bisameningkatkan akses pangan yang kuat kepada seluruh lapisan masyarakat,” tegas Siti.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso menerangkan, pihaknya sudah melaku­kan antisipasi kebutuhan akhir tahun dari jauh-jauh hari. Bulog sudah memi­liki banyak stok untuk melakukan stabilisasi harga pangan.

“Selama tahun 2018 ini kami mendapat cukup banyak penugasan penyerapan komoditas Dalam Negeri (DN) dan Luar Negeri (LN). Kami memi­liki banyak stok,” ungkap Buwas-sapaan akrabnya.

Dia merincikan, saat ini stok beras lebih dari 2,2 juta ton, gula pasir 450 ribu ton, minyak goreng 2,9 juta liter, dan daging 4 ribu ton.

Direktur Operasional dan Pelayanan Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, pihaknya akan menempuh upaya baru untuk mengefek­tifkan operasi pasar. Yakni, menggandeng pemerintah daerah untuk membantu proses distribusi beras dari divre Bulog setempat ke tingkat RTdan RW.

“Kami sedang upaya­kan supaya beras medium operasi pasar kami sam­pai ke RT dan RW. Kami optimistis upaya ini efektif karena Bulog punya sekitar 1.600 gudang di hampir seluruh Indonesia,” tegas­nya

Sumber BULOG/koranRM

Check Also

Dekom PTPN VII Inspeksi Kebun Kelapa Sawit Unit Sungai Lengi

Proses pemulihan PTPN VII terus dikawal ketat oleh Dewan Komisaris. Kemarin, Senin (11/11/19), Komisaris Utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *