Home / Berita / Dirut Pelindo IV : Seorang CEO Harus Jadi Pendegar yang Baik!

Dirut Pelindo IV : Seorang CEO Harus Jadi Pendegar yang Baik!

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Farid Padang menutup acara Workshop “Peningkatan Pengetahuan Asesmen Kompetensi Manajerial” yang digelar PT Pelindo IV bekerjasama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia di Four Points by Sheraton Makassar, Sabtu (8 Desember 2018).

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang dalam sambutan saat menutup kegiatan tersebut mengatakan, ada tiga hal yang harus diterapkan jika menjadi seorang CEO.

“Yaitu pertama, jadi pendengar yang baik. Kedua, jadi pembelajar yang cepat. Kemudian, selalu open minded, melihat ke depan, jangan melihat ke belakang,” ujarnya.

Sebelum ditutup, seluruh peserta workshop yang terdiri dari Pejabat Struktural Kantor Pusat, Direktur Anak Perusahaan dan Cucu Perusahaan, serta General Manager (GM) di seluruh cabang PT Pelindo IV (Persero) ini diperkenankan menyerap materi dari Direktur Utama PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI), Amri Yusuf.

Dalam pemaparannya, Amri Yusuf mengatakan bahwa workshop asesmen ini adalah untuk menyiapkan talent-talent terbaik untuk menjadi direktur atau direksi di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menurutnya, saat ini ada sekitar 1.400 talent calon direktur atau direksi yang ada di BUMN, tetapi hanya sekitar 800 talentyang memenuhi syarat dari 120 BUMN yang ada.

Dia mengatakan, kinerja Board of Directors (BOD) juga diukur dari bagaimana dia menyiapkan talentnya. Karena lanjut Amri, masa 2 tahun ini, pemerintah memang fokus pada Sumber Daya Manusia (SDM), setelah 3 tahun sebelumnya fokus pada penyiapan infrastruktur.

“Saat ini cross function. Jadi, siapa saja harus bisa menjadi direktur, tanpa melihat background-nya. Misalnya, orang teknik bisa menjadi direktur operasi,” ujarnya.

Sebenarnya lanjut Amri, kalau ikut asesmen, yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah mental.

Sumber Pelindo 4

Check Also

Implementasi Transformasi Digital, Angkasa Pura II Percepat Peningkatan Standar Operasional dan Pelayanan Bandara

PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *