Home / Berita / Forum Ideasi Riset Pertamina dan Universitas 2018

Forum Ideasi Riset Pertamina dan Universitas 2018

Pertamina Research & Technology Center (RTC) menyelenggarakan kegiatan Forum Ideasi Riset Pertamina-Universitas 2018 di Gedung Arie Frederik Lasut, Kampus UPN Yogyakarta (12/12/2018). Setelah tahun sebelumnya diadakan di Bandung, tahun ini RTC memilih untuk menyelenggarakannya di Kota Gudeg Yogyakarta.

Forum Ideasi Riset Pertamina dan Universitas 2018 merupakan suatu rencana kerja sama riset antara Pertamina RTC dengan universitas yang memiliki kemampuan riset-riset unggulan yang berpotensi untuk melakukan kerjasama dengan Pertamina RTC dalam Rencana Kerja 2020. Acara dilaksanakan mulai tanggal 12 Desember 2018 sampai 13 Desember 2018.

Acara dihadiri oleh Vice President Planning & Commercial RTC Pertamina Andianto Hidayat, Vice President Upstream Technology Center Pertamina Sigit Rahardjo, VP Downstream Research and Technology RTC Masputra Agung, dan Rektor UPN Dr. Mohamad Irhas Effendi.

Sigit memaparkan dalam sambutan pembuka acara bahwa Pertamina RTC mengundang periset-periset handal di universitas untuk menyampaikan judul dan proposal rencana riset yang berhubungan dengan topik-topik riset Pertamina RTC.

“Sebelumnya terima kasih kepada para peneliti yang sudah hadir. Adapun tujuan dari pelaksanaan forum ini diantaranya, pertama menjaring ide riset dan teknologi sesuai dengan RTC Strategic Blueprint serta kebutuhan trend terkini. Kedua, memilih topik riset yang segera dapat diimplementasikan untuk efisiensi operasi perusahaan dapat dipatenkan serta dapat dikomersialkan. Ketiga mencari networking riset Pertamina RTC dengan perguruan tinggi yang berpotensi mendukung kegiatan riset Pertamina”, imbuh Sigit.

Senada dengan hal tersebut, Irhas mengungkapkan senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan forum tahun 2018 ini. “Terima kasih kepada Pertamina sudah memberikan kesempatan. Tugas kita sebagai peneliti yaitu 3P (pendidikan, penelitian, dan pengabdian). Forum ini merupakan aspek penelitian, dimana kita harus menaikkan daya saing inovasi kita mengingat market di Indonesia itu besar sehingga harus disesuaikan. Semoga kita bersama-sama dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas kita sebagai peneliti terhadap pengembangan energi nasional,” ujarnya.

“Saat ini para peserta memasuki tahapan seleksi presentasi proposal setelah sebelumnya melewati tahap submission proposal, seleksi proposal, dan pengumuman dan undangan presentasi terpilih. Evaluasi dan klarifikasi hasil presentasi dilaksanakan Januari 2018-Feb 2019. Terakhir pengumuman riset terpilih yaitu pada bulan Maret 2019 mendatang,” tutup Sigit.

Sumber PERTAMINA

Check Also

Forum Human Capital BUMN Jawa Timur Gelar Sharing Knowledge

Pelindo III melakukan pertemuan rutin dengan para pengelola Human Capital BUMN Jawa Timur di Gapura …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *