Home / Berita / HUT ke-73, KAI Canangkan Tahun 2018-2019 Sebagai Tahun Inovasi

HUT ke-73, KAI Canangkan Tahun 2018-2019 Sebagai Tahun Inovasi

Tahun ini, Kereta Api Indonesia genap berusia 73 tahun. Bagi sebuah perusahaan, usia ke-73 tahun adalah usia matang dimana sebuah perusahaan sudah berhasil melalui berbagai tantangan perubahan demi perubahan agar tetap mampu berdiri sebagai penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders-nya. Selama 73 tahun ini juga, PT KAI terus bergerak dinamis mengikuti perubahan demi perbaikan pelayanan kepada para pengguna jasa KA dan kemajuan perkeretaapian Indonesia. Salah satu hal terpenting yang dilakukan KAI untuk tetap menjadi penyedia jasa KA terbaik bagi para pengguna jasanya adalah dengan terus berinovasi.

Oleh karena itu, untuk memperingati tahun ke-73 KAI berinovasi, PT KAI mencanangkan tahun 2018-2019 sebagai tahun inovasi dengan tema “Inovasi KAI Wujud BUMN Hadir untuk Negeri”. Puncak peringatan 73 tahun KAI berinovasi ini dilakukan pada Jumat (28/9) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Ir. H. Djuanda PT KAI, Jalan Laswi No. 23 Bandung. Dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-73 KA ini, ada beberapa kegiatan peluncuran inovasi terbaru PT KAI yang digelar oleh PT KAI, antara lain:

  1. Peluncuran fitur baru aplikasi KAI Access, Jumat (28/9) di Pusdiklat Ir. H. Djuanda PT KAI. Fitur-fitur terbaru dalam KAI Access ini diantaranya fitur ubah jadwal dan pembatalan tiket, yang dapat diakses mulai awal Oktober 2018. Selain itu, akan segera menyusul fitur pemesanan tiket KA lokal yang pembayarannya dilakukan menggunakan e-wallet. Untuk tahap pertama, fitur pemesanan tiket KA lokal hanya berlaku untuk KA lokal Bandung Raya. Selanjutnya, secara bertahap sistem akan dibangun sehingga tiket KA-KA lokal lain di berbagai daerah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access sehingga penumpang tidak perlu lagi untuk antri di loket stasiun.
  2. Peluncuran komik Si Loko, Jumat (28/9) di Pusdiklat Ir. H. Djuanda PT KAI. Komik Si Loko adalah sebuah buku berilustrasi, disusun sebagai bentuk aktivasi brand dari maskot PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang bernama Si Loko. Komik Si Loko akan memiliki beberapa seri, seperti “Traveling by Train Series”, “Adventure Series” dan sebagainya. Komik ini dibuat sebagai sarana untuk mendekatkan PT KAI pada target pemasarannya, khususnya anak muda di rentang usia 18-30 tahun dan sebagai dukungan terhadap Industri kreatif. Komik Si Loko ini nantinya akan dicetak dan didistribusikan bekerja sama dengan penerbit Gramedia, sebanyak 3,000-5,000 eksemplar pada bulan November nanti.
  3. Peluncuran Rail Cargo System, Jumat (28/9) di Pusdiklat Ir. H. Djuanda PT KAI, yakni sebuah aplikasi untuk memudahkan pengelolaan bisnis angkutan barang di KAI
  4. Peluncuran prangko edisi perkeretaapian hasil sinergi antara PT KAI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, PT Pos Indonesia, dan Perum Peruri Sabtu (29/9) di Pusdiklat Ir. H. Djuanda PT KAI. Prangko edisi perkeretaapian kembali diproduksi setelah terakhir diproduksi tahun 1998 lalu. Prangko bergambar Rail Clinic Generasi 4 dan LRT Palembang ini dicetak perdana sebanyak 100 ribu lembar full sheet. Bagi para filatelis maupun masyarakat yang ingin mendapatkan prangko ini dapat membeli di kantor pos dengan harga Rp 3000/lembar.

Selain itu, PT KAI juga melakukan beberapa penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama dengan perusahaan-perusahaan BUMN, Pemerintah, lembaga, dan swasta yang disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno di tengah-tengah kemeriahan kegiatan family gathering peringatan HUT ke-73 KA pada Sabtu (29/9) di Pusdiklat Ir. H. Djuanda.

“Peluncuran dan upgrade beberapa produk dari PT KAI dan penandatanganan MoU/PKS dengan pemerintah/lembaga/perusahaan baik BUMN maupun swasta merupakan bukti nyata bahwa kami tidak berhenti untuk terus melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa KA dan juga demi kemajuan perkeretaapian Indonesia. Satu tahun ke depan, kami canangkan sebagai tahun inovasi, namun tentu saja tidak berhenti di satu tahun ke depan, tahun-tahun selanjutnya PT KAI akan terus berinovasi demi menyesuaikan diri dengan perubahan jaman dan kebutuhan konsumen yang dinamis,” ujar Direktur PT KAI, Edi Sukmoro.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, khususnya para pengguna jasa setia kereta api dan juga Pemerintah yang telah memberikan kepercayaan kepada PT KAI dengan terus memberikan tantangan demi tantangan yang harus kami selesaikan. Tantangan berupa kritik membangun dari para pengguna jasa dan penugasan-penugasan dari Pemerintah membuat kami yakin bahwa PT KAI mampu mewujudkan visi misinya,” imbuh Edi Sukmoro.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk syukur PT KAI di usianya yang ke-73 ini, CSR PT KAI juga meluncurkan program berbagi kebahagiaan dengan masyarakat dengan tajuk “KAI Jaya, Masyarakat Sejahtera”.  Program ini diluncurkan dengan tujuan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran KAI di wilayahnya yang ikut membantu mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai bantuan yang diberikan. Program ini diwujudkan dengan memberikan bantuan Bina Lingkungan Sarana Prasarana Umum kepada 3 kecamatan yang berada di wilayah Kantor Pusat, Pusdiklat Ir H. Djuanda, dan Stasiun Bandung dengan  total bantuan sebesar Rp 300.000.000,-. Simbolis bantuan kepada Kecamatan Sumur Bandung, Kecamatan Andir, dan Kecamatan Batununggal masing-masing senilai Rp 100.000.000,- diserahkan pada acara Family Gathering peringatan HUT KA oleh Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, disaksikan oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, Sabtu (29/9). Dengan bantuan ini diharapkan masyarakat yang dimulai dari masyarakat kecamatan, masyarakat kota, masyarakat provinsi dan seluruh masyarakat Indonesia merasa bangga akan keberadaan KAI di tengah-tengah kehidupannya yang berperan aktif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Untuk melengkapi peringatan HUT ke-73 KA, PT KAI tidak lupa juga membuat program promo tiket KA bertajuk Promo Weekday Lucky Day. Pemesanan tiket program promo ini sudah dapat dilakukan sejak 24 September 2018 di loket, web kai.id, aplikasi KAI Access, vending machine, dan mitra resmi KAI untuk keberangkatan tanggal 25 September s.d. 10 Oktober 2018. Harga tiket dalam promo kali ini beragam mulai dari Rp75 ribu sampai Rp200 ribu, tergantung destinasi dan kelas kereta. Program ini berlaku untuk KA Komersial (Jawa dan Sumatera) diantaranya KA Taksaka, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Fajar Utama Jogja, Senja Utama Solo, Gajahwong, Bogowonto, Mataram Premium, Jaka Tingkir, Lodaya, Argo Jati, Cirebon Ekspres, Sribilah, Sribilah Premium, Sriwijaya, Argo Muria, Argo Sindoro, Argo Bromo Anggrek, Sembrani, Bangunkarta, Argo Wilis, Turangga, Harina, Ciremai, Jayakarta Premium, Malioboro Ekspres, Sancaka, Tawang Jaya Premium. (Public Relations KAI)

Sumber Rilis KAI

Check Also

WEGE Dapatkan Proyek Pembangunan Kompleks Perkantoran Bank Mandiri Senilai Rp211 Miliar

⁣ Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Nariman Prasetyo bersama Direktur Utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *