Home / Berita / Literasi ADHI : Konsep Building Information Modelling

Literasi ADHI : Konsep Building Information Modelling

ADHI mengenalkan Konsep Building Information Modelling atau yang biasa disingkat dengan BIM serta tingkatan pengerjaan pada dunia konstruksi.

BIM adalah suatu proses yang dimulai dengan menciptakan 3D model digital (bangunan secara virtual). Di dalamnya berisi semua informasi bangunan yang berfungsi sebagai sarana untuk membuat perencanaan, perancangan, pelaksanaan pembangunan, serta pemeliharaan bangunan tersebut beserta infrastrukturnya bagi semua pihak yang terkait di dalam proyek seperti konsultan, pemilik dan kontraktornya.

BIM levelnya ada beberapa tingkatan, diantaranya yaitu BIM 3D, pada tahap ini, dilakukan proses visualisasi 3D Modelling dari proyek yang akan dibuat. Selanjutnya adalah BIM 4D, pada tahap ini dibuat project sequence modelling, berupa modeling 4D yang sudah terkolaborasi dengan data scheduling progress dari mulai perencanaan sampai terlaksananya proyek. Setelahnya, pada BIM 5D sudah lengkap dengan data estimasi/ kuantitas, harga hingga breakdown struktur-struktur apa saja yang akan digunakan.

Salah satu visual dari BIM 4D dengan data penjadwalan proyeknya. Dengan BIM ini, suatu proyek yang akan dibangun sudah memiliki permodelan sehingga apabila terjadi permasalahan dapat dengan mudah dideteksi untuk melakukan evaluasi dan membuat keputusan desain.

Sumber InADHI / edit koranbumn.com

Check Also

Holding Pelindo Jadi Solusi Tingkatkan Standarisasi Pelabuhan RI

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Elvyn G Masassya menyebutkan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *