Home / Berita / Literasi AP2 : Critical Eleven atau Plus Three Minus Eight

Literasi AP2 : Critical Eleven atau Plus Three Minus Eight

Ini adalah istilah yg cukup dikenal dalam dunia penerbangan yakni Critical Eleven atau bisa juga disebut Plus Three Minus Eight merujuk pada menit-menit penting yaitu tiga menit pertama dan 8 menit terakhir penerbangan.

Momen ini menjadi penting karena Pilot harus melakukan konfirmasi dan koordinasi dengan petugas ATC (Air Traffic Controller) sesuai dengan SOP yang berlaku.

Tiga menit pertama adalah saat dimana pesawat sedang menuju posisi stabil dan mengontrol kecepatan pesawat yang baru mengudara. Sedangkan delapan menit terakhir untuk menurunkan kecepatan pesawat dan menyesuaikan dengan landasan yang dituju.

Selama Critical Eleven ini, awak kabin dilarang untuk berkomunikasi dengan kokpit kecuali ada hal yang darurat, dan awak kabin pun diminta menahan melakukan aktivitas yang tidak terkait dengan kontrol pesawat.

Apa yang harus dilakukan penumpang? Boleh gak tidur? sebaiknya jangan tidur ya. Tetap fokus dan ikuti arahan awak kabin.

Jadi, jangan lupa menegakkan sandaran kursi, melipat meja di depan anda, membuka penutup jendela dan mematikan semua alat elektronik selama proses take off dan landing

Sumber AP2

Check Also

Kontribusi Waskita Karya dalam Pembangunan Jalan Tol

Pada sektor jalan tol, Waskita turut berkontribusi dalam pembangunan beberapa jalan tol¬†dengan total panjang +1.300 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *