Home / Berita / Literasi KAI : Perawatan Jalan Rel

Literasi KAI : Perawatan Jalan Rel

Kalau melihat kereta dengan bentuk unik dan berwarna kuning cerah, mulai diingat nama resminya adalah Mesin Perawatan Jalan Rel atau disingkat MPJR,  yang wajib ada di setiap negara yang memiliki moda transportasi KA.

MPJR punya beragam fungsi untuk perawatan Rel Kereta Api, misalnya untuk memadatkan batu kricak yang ada dibawah bantalan rel, merapihkan susunan batu kricak, mengelas rel bahkan ada juga yang berfungsi untuk pemasangan Rel KA.

Perawatan prasarana dengan MPJR, juga merupakan komitmen untuk menjamin keselamatan perjalanan selama diatas KA.

Selain dengan berjalan kaki atau menggunkan MPJR, pemeriksaan rel KA juga dilakukan dengan cara lain yang sangat unik  yakni dengan menggunakan Lori Motor.

Lori ini dibuat dari motor bebek yang dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa berjalan diatas rel, disatukan dengan bodi lori dengan cara dilas. Walaupun tampilannya agak aneh dan tidak segagah MPJR, tapi secara fungsional juga memiliki peranan penting.

Dengan menggunakan lori motor, petugas dapat mengecek kondisi rel apabila terdapat kerusakan, nama resmi dari Lori Motor adalah Kereta Penilik Jalan (KPJ).

Sumber KAI, edit koranbumn

Check Also

Penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksanaan, Pengamanan, Pelayanan Bersama, dan Penegakan Hukum pada Jalan Tol di Indonesia

Telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksanaan, Pengamanan, Pelayanan Bersama, dan Penegakan Hukum pada Jalan Tol …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *