Home / Anak Perusahaan / Permudah Konektivitas ke Kalimantan Timur, Citilink Indonesia Buka Rute Penerbangan Jakarta – Samarinda

Permudah Konektivitas ke Kalimantan Timur, Citilink Indonesia Buka Rute Penerbangan Jakarta – Samarinda

Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia pada hari ini membuka rute penerbangan baru yaitu Jakarta – Samarinda yang bertujuan untuk memperluas dan memperkuat konektivitas di Kawasan Timur Indonesia (KTI), khususnya Kalimantan Timur, sekaligus membantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di wilayah tersebut.

“Pembukaan rute dari Jakarta ke Samarinda merupakan bukti komitmen Citilink Indonesia untuk memberikan kemudahan opsi moda transportasi udara yang dapat menghubungkan kedua kota besar Indonesia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur,” kata Vice President Corporate Secretary and CSR Ranty Astari Rachman di Jakarta, Senin (3/12).

Ranty menjelaskan bahwa penerbangan Citilink Indonesia ke Samarinda mampu meningkatkan aksesibilitas di Kalimantan Timur yang akan mendorong aktivitas pembangunan dan perekonomian disana, sehingga kedudukan Samarinda sebagai kota industri semakin kuat karena akan terhubung dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia yang berada dalam jaringan penerbangan Citilink Indonesia.

Seperti diketahui, tahun 2018 ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sedang gencar melakukan pengembangan sentra industri di tiga wilayah di Kalimantan Timur yang diantaranya termasuk Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara.

“Dengan melihat kondisi tersebut Citilink optimis mampu meraih rata-rata tingkat isian penumpang atau Seat Load Factor (SLF) sebesar 85 persen pada rute penerbangan Jakarta-Samarinda ini,” tutup Ranty.

Pembukaan rute baru Jakarta – Samarinda dengan nomor penerbangan QG 422 dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 12:35 WIB dan tiba di Bandar Udara APT Pranoto pada pukul 15:50 WITA.

Untuk rute Samarinda – Jakarta dengan nomor penerbangan QG 423 terbang dari Bandar Udara APT Pranoto pukul 16:20 WITA dan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 17:40 WIB.

Kedua penerbangan tersebut menggunakan tipe pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Tentang Citilink

Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah.

Berbasis di Jakarta dan Surabaya, Citilink telah melayani lebih dari 284 frekuensi penerbangan harian dengan 74 rute ke 35 kota diantaranya Jakarta, Surabaya, Batam, Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Balikpapan, Yogyakarta, Medan, Palembang, Padang, Makassar, Pekanbaru, Lombok, Bengkulu, Jambi, Semarang, Malang, Kupang, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, Solo, Palangkaraya, Pontianak, Manado, Aceh, Jayapura, Gorontalo dan Ambon serta rute regional ke Dili, Timor Leste serta Penang, Malaysia.

Sebagai bukti keberhasilan dalam komitmen meningkatkan pelayanan pada pelanggan, Citilink telah meraih beberapa penghargaan. Sepanjang 2017 Citilink meraih berbagai penghargaan baru, di antaranya Top IT Implementation Airlines Sector dari Kemenkominfo, Transportation Safety Management Award dari Kemenhub. Sedangkan Indonesia Travel and Tourism Foundation Citilink meraih untuk kategori Indonesia Leading Low Cost Airline selama tujuh tahun berturut-turut sejak 2011.

Pada awal Februari 2018, Citilink Indonesia juga menerima akreditasi bintang empat dari badan pemeringkat industri aviasi dunia, Skytrax untuk kelas maskapai berbiaya murah (LCC) merupakan akreditasi tertinggi untuk LCC. Kemudian pada September 2018, Citilink Indonesia menerima akreditasi bintang empat dari asosiasi nirlaba internasional untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan , APEX untuk kategori LCC. Citilink Indonesia juga baru saja meraih pengakuan sebagai salah satu dari dua LCC terbaik di Asia berdasarkan penilaian Travellers Choice 2018 dari situs perjalananan tripadvisor.com pada April 2018, serta menyabet tiga penghargaan Revolusi Mental BUMN 2018.

Sumber Rilis Citilink

Check Also

Manajemen Semen Dynamix Optimistis Pasar Semen Domestik Tetap Tumbuh

Jajaran pimpinan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang memproduksi semen Dynamix, optimistis pasar semen di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *