Home / Korporasi / PT PELABUHAN INDONESIA IV (Pelindo IV)

PT PELABUHAN INDONESIA IV (Pelindo IV)

Profil Perusahaan

PT Pelabuhan Indonesia IV ( Pelindo IV) atau lebih dikenal dengan sebutan Pelindo 4 dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 1991 tanggal 19 Oktober 1991 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Pelabuhan IV secara efektif dicatatkan mulai sejak penandatanganan Anggaran Dasar Perusahaan oleh Sekjen Dephub di hadapan Notaris Imas Fatimah .H.No 7 pada tanggal 1 Desember 1992. Kepemilikan saham PT Pelabuhan Indonesia IV sebagai Persero berkantor pusat di jalan Soekarno No. 1 Makassar sepenuhnya dikuasai oleh Pemerintah, pada saat ini telah di alihkan ke Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Wilayah kerja Pelindo IV meliputi beberapa pelabuhan khususnya diwilayah Indonesia Timur yaitu Makassar, Pare-Pare, Kendari, Pantoloan, Tolitoli, Gorontalo, Bitung, Balikpapan, Samarinda, Bontang, Sengata, Tj Redeb, Tarakan, Nunukan, Ternate, Ambon, Sorong,Manokwari, Fak Fak, Biak, Jayapura, Merauke.

Menilik perkembangan kebelakang di masa awal pengelolaannya, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang semakin maju. PT Pelindo IV menyiapkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 1,9 triliun untuk keperluan sepanjang 2017, meningkat 46% dari dana capex yang dialokasikan perseroan pada 2016 sebesar Rp 1,3 triliun. Sebagian besar dana alokasi capex 2017 digunakan untuk mengembangkan sembilan pelabuhan antara lain Pelabuhan Tarakan, Bitung, Kendari, Ambon, Ternate, Manokwari, Sorong, Jayapura, dan Merauke.

Pelindo IV berencana menambah sedikitnya enam unit container crane (CC) pada 2018 untuk memperkuat pelayanan di enam pelabuhannya di kawasan timur Indonesia.

Keenam pelabuhan itu adalah Ternate, Sorong, Ambon, Kendari, Pantoloan, dan satu unit CC untuk Terminal Peti Kemas (TPK) PT Kaltim Kariangau, anak perusahaan Pelindo IV.

Manajemen Perusahaan

Dewan Komisaris Pelindo IV

Komisaris Utama : Agus Purwoto
Komisaris : Susilo MT Harahap
Komisaris : SurattoSiswodihardjo

Dewan Direksi Pelindo IV

Direktur Utama : Doso Agung
Direktur Operasi dan Komersil : Riman Sulaiman Duyo
Direktur SDM dan Umum : Muhammad Asyhari
Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan : Farid Padang
Direktur Keuangan : Yon Irawan

Berbagai Sumber (KoranBUMN 01)

Check Also

Susunan Direksi INTI Terbaru, Otong Iip Jadi Direktur Utama

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)/ PT INTI secara resmi mengumumkan formasi direksi baru pada hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *