Home / Berita / Radiosonde Kembali Mengudara

Radiosonde Kembali Mengudara

Radiosonde kembali mengudara, pada hari kedua pengujian Radiosonde, Minggu, 02 Desember 2018, tim teknis INTI + LAPAN kembali sukses menggelar dua kali peluncuran. Peluncuran pertama dilakukan pagi tadi, pukul 06.00 WIB dengan hasil pemantauan data mampu dilakukan terus-menerus, sekaligus melampui temperatur ekstrim hingga minus 85.5 derajat Celcius dan ketinggian 36.363 meter.

Kesuksesan dilanjut dengan peluncuran berikutnya pada pukul 18.00 WIB. Kali ini, Radiosonde terbang mandiri tanpa duet dengan alat milik LAPAN. Alhamdulillah, Radiosonde dengan berat 112 gram yang diberi nama DADALI, singkatan dari Device Andalan (untuk) Deteksi Atmosfir Langit Indonesia (Internasional) ini menunjukkan ketahanannya di tengah temperatur ekstrim hingga minus 87,3 derajat Celcius dan ketinggian maksimum sebesar 24.790 meter.

Dengan demikian, uji coba Radiosonde INTI ini secara keseluruhan telah dilakukan sebanyak empat kali, dengan dua di antaranya digelar pada Sabtu, 01 Desember 2018. Lalu, sisanya pada Minggu, 02 Desember 2018. Empat peluncuran yang dinyatakan sukses ini pun didahului dengan latihan pemanasan pada Jumat, 30 November 2018 dengan hasil yang juga memuaskan.

Sumber InINTI / edit koranbumn.com

Check Also

Direktur Prakosa Hadi Takariyanto Menerima Kunjungan Delegasi Partnership for Australia – Indonesia Research

Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prakosa Hadi Takariyanto menerima kunjungan Delegasi Partnership for …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *