Home / Berita / Resmi Dibangun, PLTGU Jawa-1 Akan Jadi  Pembangkit Listrik Terintegrasi Terbesar di Asia Tenggara

Resmi Dibangun, PLTGU Jawa-1 Akan Jadi  Pembangkit Listrik Terintegrasi Terbesar di Asia Tenggara

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meresmikan pembangunan proyek pembangunan Infrastruktur gas dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1 yang berlokasi di Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (19/12)

Proyek ini nantinya akan memiliki kapasitas hingga 1.760 MW dengan memanfaatkan 400 juta kaki kubik Liquefied Natural Gas (LNG) perhari yang dikirim langsung dari Tangguh.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, PLTGU Jawa-1 merupakan salah satu pembangkit listrik penting yang akan menopang kehandalan sistem kelistrikan Jawa-Bali. Selain itu, PLTGU-1 akan menjadi pembangkit listrik terintegrasi pertama di Asia dan terbesar di Asia Tenggara, yang menggabungkan bisnis LNG dan bisnis independent power producer (IPP).

“Kita patut bersyukur dengan proyek yang penting dan membanggakan yaitu PLTGU Jawa-1 atau yang lebih sering disebut proyek IPP PLTGU Jawa-1 merupakan pembangkit listrik terintegrasi pertama di Asia dan terbesar di Asia Tenggara” ujar Menko Darmin.

Lebih lanjut Menko Darmin menjelaskan, pemerintah telah menetapkan proyek PLTGU Jawa-1 ini tidak hanya sebagai Proyek Strategis Nasional, tetapi juga sebagai proyek prioritas dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Sumber InperekonomianRI / edit koranbumn.com

Check Also

Menteri Erick Thohir Bakal Bongkar Pasang Direksi BUMN Hingga 2020

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal melakukan bongkar-pasang kepengurusan di perusahaan pelat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *