Home / Berita / Salah Satu Desa Binaan PTBA Meraih Penghargaan Desa Program Kampung Iklim 2018

Salah Satu Desa Binaan PTBA Meraih Penghargaan Desa Program Kampung Iklim 2018

Salah satu desa binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yaitu Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan berhasil meraih penghargaan Desa Program Kampung Iklim 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dan diterima oleh Kepala Desa Ulak Pandan Susiawan Rana pada Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim 2018 di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Rabu (24/10).

Program kampung iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dikembangkan KLHK untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Desa Ulak Pandan telah menjalankan sejumlah usaha pengembangan seperti penanaman 1000 pohon di area Bukit Serelo, pelestarian sumber air, pelarangan pembakaran hutan, biopori, pemanfaatan air hujan, penyelenggaraan bank sampah, hingga teknologi irigasi sawah berbasis tenaga surya.

Sumber PTBA

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *