Home / Berita / Sinergi BUMN, Pelindo IV Teken MoU dengan PT Sucofindo

Sinergi BUMN, Pelindo IV Teken MoU dengan PT Sucofindo

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dengan PT Sucofindo tentang Penyediaan Jasa Konsultansi dan Manajemen.

Nota kesepahaman yang merupakan bentuk sinergi strategis antar BUMN ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung dengan Direktur Utama PT Sucofindo, Bachder Djohan Buddin di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Jumat (20 Juli 2018).

Dirut Pelindo IV, Doso Agung mengatakan kerja sama dengan BUMN sebenarnya juga adalah keinginan Pelindo IV untuk lebih mempererat lagi sinergi antar perusahaan milik pemerintah.

“Alhamdulillah seluruh proyek kami di Kawasan Timur Indonesia (KTI) rata-rata kerja sama dengan BUMN. Kami berharap, kedepan sinergi ini lebih baik lagi,” ujarnya.

Doso berharap agar kerja sama dengan Sucofindo segera diwujudkan. Sebab, kedepan Pelindo IV akan lebih mengembangkan ekspor perikanan dari KTI. Hal ini tentu menjadi peluang Sucofindo untuk membangun laboratorium yang besar di wilayah dan ekspor produk perikanan bisa langsung dari KTI.

Selama ini lanjut Doso, salah satu kendala yang dihadapi adalah ekspor perikanan yang masih harus melalui Jakarta karena laboratorium besar milik Sucofindo hanya ada di Jakarta.

“Kami juga butuh dukungan untuk mengembangkan wilayah-wilayah di Indonesia timur. Apalagi kalau Sucofindo bisa membangun laboratorium yang besar di Makassar. Pelindo IV butuh support itu.”

Sementara itu, Dirut PT Sucofindo, Bachder Djohan mengungkapkan bahwa pihaknya percaya dengan adanya kerja sama dapat memberikan manfaat bagi ke dua belah pihak, sehingga kapasitas dan kontribusi Perseroan dapat meningkat dan memperoleh nilai tambah dalam bisnis.

Tak hanya itu, sinergi ini pun diharapkan menjadi sumber kontribusi untuk Negara.

Dia menjelaskan, Sucofindo adalah BUMN yang bergerak di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi, yang diharapkan mampu berperan dalam memberikan layanan Jasa Konsultansi dan Manajemen PT Pelindo IV.

Sebagai tahapan awal, kerja sama ini dimulai dari Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuhan, Penyusunan Master Plan Pelabuhan, Studi dan Survei Teknis yang Terkait Perencanaan Pelabuhan, Basic Design/Schematic Design, Preliminary Design dan Detiled Engineering Design Pembangunan Fasilitas Pelabuhan, Pengawasan Teknik, Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek Pembangunan Pelabuhan.

Dilanjutkan dengan Jasa Konsultasi Pengendali Mutu (Quality Assurance) Terkait Pekerjaan Konstruksi, Jasa Konsultasi Quantity Surveyor (QS), Pelaksanaan Jasa Konsultasi Pada Tahap Operasional dan Pemeliharaan, Technical Advisory, serta Perencanaan dan Pengawasan Pengadaan Peralatan.

Bachder berharap, realisasi MoU ini terus berkembang dan menelurkan berbagai kerja sama, membangun kemitraan yang berorientasi kepada pengembangan bisnis maupun pelaksaaan pekerjaan atau kegiatan antara PT Sucofindo dan PT Pelindo IV yang nantinya akan dituangkan dalam suatu perjanjian kerjasama.

Sekilas PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) merupakan perusahaan dengan kegiatan usaha utama Jasa Pelabuhan. Maksud dan tujuan Perseroaan adalah melakukan usaha dibidang penyelenggaraan dan pelaksanaan kepelabuhanan, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perseroan untuk menghasilkan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan/mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai Perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Sumber Situs Web Pelindo 4

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *