Home / Berita / Sinopsis “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Sinopsis “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” karya R. A. Kartini

Menikmati suatu karya sastra berarti memberi “napas” bagi jiwa, mengasah rasa seni dan sense. Lewat karya-karya tersebut, manusia dapat mengasah kepekaan budi dan emosinya, bercermin—membandingkan situasi dunia yang dihuni dan dikenal oleh pengarang pada masa itu dengan dunia yang dipijak dan ditempatinya saat ini. Melalui budaya, gaya bahasa, sejarah, struktur dan tatanan masyarakat, serta segala yang menyangkut masa lalu, perasaan tertentu dapat muncul di hati, seolah-olah kita sendiri mengalaminya.

Adat istiadat di waktu itu tiada membolehkan perempuan berpelajaran di luar rumah, menduduki jabatan di dalam masyarakat. Perempuan haruslah takluk semata-mata, tiada boleh mempunyai kemauan. Perempuan itu hendaklah bersedia-sedia: untuk dikawinkan dengan pilihan orang tuanya. Perkawinan, cuma itulah cita-cita yang boleh diangan-angankan oleh anak gadis. Cuma itulah pelabuhan yang boleh ditujunya. “Selama ini hanya satu jalan terbuka bagi gadis Bumiputra akan menempuh hidup, ialah “kawin”. (Surat kepada Nona Zeehandelaar, 23 Agustus 1900). Dapatlah kita mengerti bahwa kaum laki-laki lebih mudah menakhlukkannya lagi. Cobalah misalkan kapal yang cuma satu saja pelabuhan yang boleh ditujunya. Bukankah orang yang mempunyai pelabuhan itu dengan mudah saja dapat berlaku lalim kepadanya?

Kami hadirkan kembali karya-karya sastra penulis ternama Indonesia yang telah menggoreskan penanya pada era sebelum dan sesudah kemerdekaan Republik ini. Kami percaya, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari membaca kisah dalam buku ini. Walaupun hadir dalam tampilan yang baru, kami sama sekali tidak mengubah esensinya, baik materi maupun gaya bahasa/gaya bertutur penulisnya. Dengan demikian, karya yang juga merupakan saksi sejarah budaya dan sastra Indonesia ini diharapkan dapat lebih dinikmati oleh semua golongan pembaca dari berbagai lapisan usia.

Semoga seri Sastra Klasik Balai Pustaka ini dapat menumbuhkan minat untuk membaca karya-karya sastra penulis Indonesia, dan semakin menumbuhkan kecintaan pada negeri ini.

Peminat Buku Balai Pustaka untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 08122351895
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber InBAlaiPustaka / edit koranbumn.com

Check Also

Menteri Erick Thohir Tegaskan Pengangkatan Komisaris dan Direksi BUMN Harus Melalui TPA

Pengangkatan komisaris dan direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus melalui proses tim penilai akhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *