Home / Berita / DAHANA Dipercaya untuk Melakukan Preloading Seismik oleh EMP Bentu Ltd

DAHANA Dipercaya untuk Melakukan Preloading Seismik oleh EMP Bentu Ltd

Tim Divisi Minyak & Gas Dahana pada Januari 2019 PT DAHANA (Persero) dipercaya untuk melakukan Preloading Seismik oleh EMP Bentu Ltd. Dahana bertindak sebagai subkontraktor dari Gelombang Seismik Indonesia (GSI) yang berlokasi di Blok Bentu, Kab. Pelalawan, Riau.

Kepada Dfile, Arif Hidayat, Asisten Manager Hubungan Pelanggan Divisi Minyak & Gas PT DAHANA (Persero) menjelaskan bahwa Layanan Preloading Seismik merupakan satu kegiatan dalam survey seismik. Kegiatan preloading ini adalah pekerjaan memasukkan Dayagel Seismik yang telah dirangkai ke dalam lubang tembak (shotpoint) dalam Survey Seismik.

Kegiatan Survey Seismik berfungsi untuk mencari ketersediaan sumber daya alam melalui getaran yang bersumber dari ledakan pada sebuah lokasi. “Bahan peledak yang dimasukkan kedalam SP (Shotpoint) berfungsi sebagai sumber getar. Setelah proses penembakan, getaran yang ditimbulkan oleh ledakan bahan peledak akan direkam oleh alat perekam yang disebut geophone. Dari data yang direkam tersebut akan diketahui karakter lapisan tanahnya, kemudian dianalisis lebih lanjut oleh klien untuk proses pencarian lapisan dengan potensi hidrokarbon,” ujar Arif Hidayat.

Arif menambahkan, Proses kerja kali ini mencakup quality control kondisi lubang tembak, perangkaian bahan peledak seismik, loading bahan peledak seismik kedalam lubang tembak, dan tumping (penutupan lubang tembak). Proyek yang sudah berjalan sekitar dua minggu ini telah berhasil melakukan preloading hingga 291 Shotpoint. Rencananya DAHANA akan mengerjakan preloading dengan total 2.214 Shotpoint dengan rata-rata produksi perharinya sebanyak 60 shotpoint. Progress selama dua pekan ini disambut baik oleh klien. “Alhamdulillah baik. Progress pekerjaan kami di bulan Januari sudah mendapat approval dari klien,” tambah Arif.

Meski ini merupakan proyek perdana, DAHANA mampu melalui tantangan di lapangan. Arif sendiri di bantu oleh Yuda Setiadi yang sebelumnya memiliki pengalaman di Job site Divisi Tambang Umum beserta tim yang sudah terlatih dan telah mengikuti on job training dalam proyek seismik 3D di KSO Pertamina EP – Techwin South Betung.

Sumber Dahana, edit koranbumn

Check Also

Manfaatkan Sisa Lahan, PP Urban Kembangkan Produk Rumah Tapak

PT PP Urban mulai mengembangkan produk rumah tapak untuk menambah portofolio produk setelah sebelumnya hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *