Home / Berita / IPB Kerjasama dengan Sucofindo, di bidang Jasa Laboratorium, Riset dan Pelatihan

IPB Kerjasama dengan Sucofindo, di bidang Jasa Laboratorium, Riset dan Pelatihan

PT SUCOFINDO (Persero) perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa inspeksi, testing dan sertifikasi meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mendukung terciptanya kegiatan riset dan pengembangan terkait dibidang laboratorium dan pelatihan.

Penandatanganan dilakukan oleh Haris Witjaksono selaku Direktur Komersial 2 SUCOFINDO dengan Arif Satria selaku rektor IPB. Kerjasama ini adalah untuk membangun hubungan yang berorientasi kepada pengembangan bisnis. dengan mengerahkan sumber daya yang ada pada kedua belah pihak sehingga kinerjanya jadi meningkat .

IPB saat ini telah memiliki laboratorium berkaitan dengan aspek lingkungan, sumberdaya alam dan berkaitan dengan pertanian yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). “Harapan kami MOU ini merupakan awal upaya membangun kemitraan yang berorientasi kepada pengembangan bisnis maupun pelaksanaan pekerjaan antara SUCOFINDO dan IPB sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak secara khusus dan masyarakat secara umum.“ demikian, disampaikan Haris Witjaksono pada acara dies natalis IPB, Jumat (12/10).

Haris mengatakan, SUCOFINDO memiliki laboratorium lengkap yang melayani kebutuhan konsumen berbagai pengujian mulai dari Laboratorium Kimia Lingkungan, Kimia Umum, Minyak, Gas dan Petrokimia, Kalibrasi serta Teknik dan Mekanik. Dengan berbagai jasa yang ditawarkan diantaranya pengujian air bersih, mikrobiologi, analisa kimia produk pertanian, makanan, farmasi petrokimia serta pengujian kalibrasi dan pengujian & sertifikasi produk Standar Nasional Indonesia (SNI), pengujian halal dan lainya. Jelas Haris.

Arif Satria Rektor IPB menyampaikan, bahwa kita telah lama kerjasama dengan sucofindo dalam banyak penelitian atau riset. dimana riset yang dilakukan itu banyak disupport oleh tenaga kerja ahli IPB, Karena itu kita akan terus bekerja sama dalam pengembangan riset2 dan pengembangan mutu kerja. jelas Aris .

Arif mengungkapkan bajwa SUCOFINDO banyak alumni dari IPB sehingga kita terus bersinergi untuk mendukung dan mensukseskan para alumni yang berkarir di SUCOFINDO agar lebih berprestasi dan sukses. kami sudah lama menjalin kerjasama ini, tinggal MOU-nya saja, ujar Arif.

Haris mengatakan, bahwa dengan ditandatanganinya MoU ini diharapkan akan terjalin kerjasama antara SUCOFINDO dan IPB. “Lingkup kerjasamanya dapat diperluas sesuai lingkup usaha bisnis SUCOFINDO di bidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi, Konsultansi dan Training. Beberapa layanannya Antara lain konsultasi dan pelatihan ISO 17025, Sertifikasi Alat Berat dan Peralatan Industri, Jasa Survey Pemetaan dengan UAV dan Pelayanan Jasa analisa Laboratorium”.

TENTANG SUCOFINDO

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Merupakan perusahaan BUMN, dimana Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan terutama komoditas pertanian serta membantu pemerintah dalam menjamin kelancaraan arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang pergudangan dan forwarding, laboratorium analitis, teknik industri dan kelautan , fumigasi dan kebersihan industri.

Saat ini Sucofindo telah mengembangkan jasa di bidang inspeksi, audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultansi dan pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi terbarukan, pariwisata, pemerintahan dan sistem informasi.

Titik Layanan Sucofindo
Sucofindo berada di 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh ahli di bidangnya. Sucofindo memiliki 45 laboratorium terintegrasi, 28 kantor cabang dan 34 unit layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Di beberapa titik, Sucofindo juga menyediakan layanan mobile laboratory, untuk memperluas jangkauan layanan sampai ke pelosok. Sucofindo juga memperluas layanan Sucofindo hingga ke luar negeri. Pada 2015, Sucofindo meresmikan cabang Luar Negeri di Korea Selatan

Sumber Sucofindo/pressrelease

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *