Home / Berita / Latar Belakang Pembangunan LRT, khususnya LRT Jabodebek

Latar Belakang Pembangunan LRT, khususnya LRT Jabodebek

Menyambut hari Kereta Api Nasional, ADHI akan bercerita tentang latar belakang pembangunan LRT, khususnya LRT Jabodebek. Salah satu alasan pembangunannya adalah kondisi kemacetan di daerah Jakarta dan sekitarnya yang semakin menjadi. Dengan adanya LRT, diharapkan masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke LRT, sehingga kepadatan lalu lintas di Jalan Tol terutama Jakarta – Cikampek dan Tol Jagorawi dapat terurai.

Kebutuhan akan LRT sangat mendesak maka pemerintah menunjuk ADHI melalui Perpres Nomor 98 Tahun 2015 untuk membangun prasarana LRT. Salah satu hal yang terdapat dalam Perpres adalah adanya penunjukan ADHI untuk membangun sarana seperti jalur termasuk konstruksi, jalur layang, stasiun dan fasilitas operasi. Dalam Perpres No 65/2016 sebagai perubahan pada Pepres Nomor 98 tahun 2015, ADHI juga berkewajiban membangun Depo.

Dimana sajakah LRT Jabodebek akan beroperasi? Seiring berjalannya waktu, adanya perubahan kedua perpres yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo yakni Perpres Nomor: 49 Tahun 2017 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor: 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit (LRT) terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Sumber In ADHI

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *