Home / Berita / Layanan Baru DAHANA pada Survey Seismik

Layanan Baru DAHANA pada Survey Seismik

PT DAHANA (Persero), perusahaan BUMN penghasil bahan peledak ini selain mengembangkan produk dan teknologinya, juga terus berupaya meningkatkan pelayanan pada lini bisnisnya. Salah satunya pada Divisi Minyak & Gas yang saat ini telah mempersiapkan layanan baru bagi eksplorasi migas.

DAHANA, pada sebuah ekplorasi Migas biasanya menjadi penyuplai atau penyedia bahan peledak diantaranya pada kegiatan tahap survey seismik. Survey seismik merupakan salah satu metode eksplorasi migas untuk mengetahui struktur bawah permukaan atau subsurface lapisan bumi. Hasil survey seismic, data subsurface tersebut kemudian akan dianalisis lebih lanjut untuk penentuan ada tidaknya potensi hidrokarbon minyak dan gas bumi.

“Pada kegiatan ini, DAHANA biasa terlibat dalam penyedia bahan peledak saja, namun kini DAHANA telah meningkatkan layanan baru, yaitu Service Preloading Bahan Peledak Seismik,” terang Arif Hidayat, Asisten Manager Hubungan pelenggan Divisi Minyak & Gas PT DAHANA (Persero).

Preloading bahan peledak seismik adalah salah satu kegiatan dalam survey seismik . Dimana kegiatan preloading ini adalah pekerjaan memasukkan handak Dayagel Seismic kedalam lubang tembak, shootpoint dalam survey seismik.

“Layanan Preloading  ini mencangkup proses pengecekan quality control kondisi lubang tembak, perangkaian handak seismik, loading handak seismik kedalam lubang tembak, dan tamping atau penutupan lubang tembak,” ujarnya.

Kegiatan layanan baru Divisi Migas ini, terang Arif tentunya sangat berbeda dengan service sebelumnya yang hanya sebagai penyedia bahan peledak. Service Preloading handak seismic, harus menyiapkan tim yang tangguh dan terampil, karena dalam proses kegiatannya, diperlukan stamina yang ekstra.

“Service ini memerlukan fisik dan stamina yang ekstra karena lokasi lubang tembak dapat berada di area hutan dan rawa dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, serta jarak lubang tembak dalam interval 50 meter,” ungkap Arif kepada Dfile.

Tim untuk menangani layanan tersebut terang Arif sudah dipersiapkan dan telah mengikuti pelatihan dan sertifikasi. Dalam waktu dekat akan ikut diterjunkan untuk menangani kegiatan survey seismic yang akan berlangsung.

Sumber Portal DAHANA

Check Also

Sinergitas PTPN IX dan Pemkab Karanganyar, Upaya Tingkatkan Produktivitas Petani Tebu Rakyat

Pekerja bukan hanya tentang diri sendiri yang mampu menyelesaikan semua masalah, namun yang paling utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *