Home / Berita / Lipsus IBDExpo 2018 : Antam Gandeng Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Bidang Pertambangan

Lipsus IBDExpo 2018 : Antam Gandeng Perguruan Tinggi Tingkatkan Kualitas Pendidikan Bidang Pertambangan

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di bidang pertambangan.

Antam melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) perihal Pengembangan Program Studi Diploma III, dan menggandeng Universitas Syiah Kuala Aceh perihal Pengembangan Akademik pada 3 Oktober 2018 di acara Indonesia Business & Development Expo 2018 Surabaya.

Penandatanganan ini juga merupakan refleksi dari pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan khususnya di bidang penambangan.

Direktur Human Capital dan CSR ANTAM, Johan N.B. Nababan mengatakan sebagai perusahaan yang memiliki tata kelola pelaksanaan CSR yang baik, Antam senantiasa berupaya mengembangkan potensi Universitas sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan. Antam berharap kerjasama ini mampu memberikan stimulus positif dalam pengembangan kualitas pendidikan khususnya di Politeknik Negeri Malang dan Universitas Syiah Kuala Aceh.”

Kerja sama antara Antam dengan Politeknik Negeri Malang berlaku selama 5 tahun dan memiliki ruang lingkup: Pengembangan Program Studi Diploma III Teknologi Pertambangan; Pelaksanaan workshop, pendidikan dan pelatihan; Beasiswa Pendidikan; Praktik Kerja Lapangan mahasiswa; Pengabdian kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional tambang; Penelitian terapan; dan Penyediaan sumber daya manusia sebagai dosen industri.

Sedangkan kerja sama antara ANTAM dengan Universitas Syah Kuala Aceh berlaku selama 4 tahun dan memiliki ruang lingkup: Bidang Akademik dan joint study (JS) melalui tukar menukar informasi mengenai ekplorasi dan potensi mineral yang ada di Provinsi Aceh; Usaha bersama mengidentifikasi peluang dan pendanaan penelitian bersama; Kolaborasi dalam penelitian dan usaha bersama untuk mengidentifikasi potensi, kebutuhan, kesempatan, dan implementasi best practices dalam usaha pertambangan; Pemagangan mahasiswa dan dosen peneliti dan sebagainya.

Antam¬† saat ini memiliki 7 program unggulan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yakni: Peningkatan akses dan kualitas pendidikan; Peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan; Pengembangan ekonomi lokal; Pelestarian nila’rnilai sosial budaya masyarakat; Konservasi dan rehabilitasi lingkungan; Peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat dan pemerintah lokal; dan Program pendukung pengembangan masyarakat.

Sumber bisnis.com

Check Also

4 Pembangkit Energi Baru untuk Papua

Perusahaan Lisrik Negara menetapkan empat pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) untuk Provinsi Papua dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *