Home / Berita / Lipsus IBDExpo 2018 : Resmi Ditutup oleh Menteri Rini Soemarno

Lipsus IBDExpo 2018 : Resmi Ditutup oleh Menteri Rini Soemarno

Indonesia Business and Development Expo (IBDexpo) 2018, yang merupakan rangkaian kegiatan pameran dagang berskala internasional dan forum bisnis diselenggarakan oleh NPNC (National Publishing & News Corporation) dengan dukungan penuh Kementerian BUMN RI telah berlangsung pada tanggal 3-6 Oktober 2018 di Grand City, Surabaya – Jawa Timur, pada hari ini (6/10) telah resmi berakhir.

Ketua Panitia IBD Expo 2018 Achmad Fachrodji dalam sambutan acara penutupan sekaligus menyampaikan beberapa pencapaian selama event berlangsung, di hadapan Menteri BUMN Rini Soemarno  beserta jajaran kementerian BUMN , Direksi dan Komisaris BUMN serta undangan lainnya.

“Jumlah pengunjung sampai siang ini menjelang penutupan sore nanti tercatat 57.365 , mengalami peningkatan jika dibanding tahun lalu  56.100 pengunjung. Diperkirakan sampai  sampai penutupan nanti bisa mencapai lebih dari 60,000 pengunjung,” kata Achmad Fachrodji.

Menurut Achmad Fachrodji yang juga masih menjabat Direktur Utama PT Balai Pustaka (Persero), peningkatan pengunjung  dikarenakan kegiatan agenda acara IBD Expo 2018 yang diselenggarakan ketiga kalinya ini semakin menarik pengunjung. Jumlah pelamar pada BUMN Career Opportunity atau “job fair” salah satu rangkaian acara yang menarik pengunjung usia milenial , sejak dibuka pada Rabu (3/10) hingga Jumat (5/10) malam tercatat ada sebanyak 49.365 pelamar dan diperkirakan mencapai 65 ribu pelamar hingga penutupan.

“Jumlah itu karena ada 48 BUMN yang membuka lowonga kerja, atau naik dua kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya 23 BUMN, dengan membuka 60.291 lowongan, ” ujar Achmad Fachrodji

Ketua Panitia IBD Expo 2018 menyampaikan juga berlangsungnya penandatangan perjanjian kerja sama (MoU) melibatkan 46 perusahaan baik antara BUMN dengan BUMN dan BUMN dengan swasta. Jika dihitung dengan angka, maka nilai kerjasama maupun transaksi selama penyelenggaraan event berlangsung bernilai jutaan milyar dollar karena salah satu MOU kesepakatan kontrak pesawat terbang milik Dirgantara Indonesia.

“Dilakukan perjanjian kontrak kerja 20 unit pesawat terbang N219 milik PT Dirgantara Indonesia untuk Avia Star,” katanya.

Rangkaian acara menarik lainnya yang berlangsung di IBD Expo 2018 , adalh nonton film gratis Sultan Agung film salah satu pahlawan nasional yang produksinya disponsori ANTAM, mampu menarik lebih dari 900 penonton. Pesta Rakyat diselenggrakan setiap hari, Festival Kopi Nusantara maupun Talk Show, Temu Bisnis maupun acara-acara menarik lain yang diselenggarakan di masing-masing Booth BUMN Pseserta Expo.

Menteri BUMN Menutup IBD Expo 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno secara resmi  menutup pagelaran akbar tahunan BUMN 2018, IBD Expo 2018 yang diinisiasi NPNC dengan semangat BUMN Tak Henti Membangun Negeri.

Konsep penutupan IBD Expo 2018, bernuansa nuansa kekinian,nonformal dan bergaya milenial. Menteri BUMNbeserta Deputi maupun Staf Khusus dan termasuk Direktur BUMN yang hadir bergaya casual santai dan bercelana jeans. Menghadirkan juga ribuan  para karyawan generasi milenial dari beberapa BUMN .

Nuansa milenial,  menjadai semangat Rini Soemarno untuk mempersiapkan pemimpon-pemimpi BUMN di masa datang sehingga BUMN mampu bertahan sampai 100 tahun kedepan.

“Keterlibatan generasi milenial suatu keniscayaan, bukan hanya mempersiapkan regenarasi dan kesinambungan perusahaan tetapi juga meningkatkan daya saing. Kalau saat ini masih ada generasi diatas milenial memimpin BUMN, diharapkan ada transfer pengetahuan dan pengalaman,” kata Menteri BUMN menyemangati para karyawan milenial yang hadir.

Harapan Rini lainnya, pada karyawan milenal dengan dampak perkembangan teknologi yang berubah cepat, mengharapkan peran generasi milenial untuk menciptakan inovasi agar BUMN cepat beradaptasi dengan perubahan,

Sebelum menutup acara , Rini Soemarno mengunjungi beberapa booth peserta IBD Expo 2018, tak hanya menyemangati para direksi yang mendampingi kunjungan stan, Rini Soemarno menyempatkan berfoto bersama sejumlah pegawai,.

Menteri BUMN juga menyerahkan  penghargaan kepada peserta IBD Expo 2018 terbaik dalam beberapa kategori dan penghargaan kepada Pahlawan BUMN Anthonius Gunawan seorang karyawan Air Nav Indonesia yang mengorbankan nyawanya dengan menyelesaikan tanggung jawabnya memandu lalu lintas pesawat di Bandara Mutiara Al Jufri saat terjadi gempa di Sulawesi Tengah.

Diakhir acara Menteri Rini Somerno mengikuti “flash mob” dengan iringan lagu Via Vallen berjudul ‘Meraih Bintang” dikuti para jajaran petinggi Kementerian BUMN, Direksi BUMN dan para peserta yang didominasi para karyawan BUMN Milenial.

koranbumn/erik

 

 

Menteri BUMN Rini M Soemarno melakukan “Flash Mob” atau membuat gerakan serentak bersam dengan jajaran direktur BUMN  dalam acara penutupan “Indonesia Business and Development” (IBD) Expo di Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Flash Mob dilakukan Rini Soemarno dengan iringan lagu “Meraih Bintang” yang juga menjadi lagu resmi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan penyanyi Via Vallen.

Keikutsertaan Rini dalam Flash Mob diawali saat beberapa penonton di acara penutupan IBD Expo 2018 melakukan tarian bersama pada saat lagu Meraih Bintang mulai berdendang.

Kemudian, beberapa orang mulai mengikuti dan disusul Rini Soemarno serta beberapa jajaran Dirut BUMN ikut dalam gerakan bersama lagu Meraih Bintang, yang disambut tepuk tangan beberapa penonton lainnya.

Pameran IBD Expo 2018 diinisiasi Kementerian BUMN bersama klaster media BUMN yang tergabung dalam “National Publishing and News Corporation” (NPNC). Tujuan acara mendekatkan kepada masyarakat mengenai kiprah strategis BUMN yang tak pernah berhenti membangun negeri

 

Check Also

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Melakukan Penandatanganan MOU

TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan penandatanganan MOU terkait dengan Penyelenggaraan Program Jaminan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *