Home / Berita / Literasi ADHI Mengenai Struktur Proyek LRT

Literasi ADHI Mengenai Struktur Proyek LRT

Struktur penting apa saja yang digunakan pada proyek pembangunan LRT Jabodebek, Literasi ADHI akan memberikan wawasan seberapa penting struktur tersebut dan bagaimana kaitan antara struktur satu dan struktur lainnya.

Struktur paling bawah pada proyek LRT Jabodebek adalah pondasi “spun pile” atau tiang pancang bulat yang digunakan sebagai pondasi. Ini merupakan bagian penting untuk menahan tekanan beban bangunan di atasnya.

Setelahnya, terdapat “pile cap” yaitu suatu metode konstruksi yang digunakan untuk mengikat pondasi spun pile tadi sebelum didirikannya struktur kolom di atasnya. Struktur selanjutnya adalah kolom yang berupa tiang-tiang tinggi seperti yang terlihat di lokasi proyek.

Kolom tersebut berfungsi untuk membuat bangunan menjadi kokoh dan tidak mudah roboh karena kolom akan menerima beban girder lalu akan didistribusikan ke permukaan tanah di bawahnya. Kolom ini akan terhubung dengan “pier head” yang merupakan dasar penopang girder dengan kolom yang ada di bawahnya. Selanjutnya, untuk menyambungkan kolom satu dengan kolom lainnya sehingga menjadi bangunan yang utuh, barulah dipasang girder di atasnya.

Girder utama yang digunakan pada proyek LRT Jabodebek ini adalah U Shaped Girder yang memiliki keunggulan dibanding jenis girder lainnya.

Selain struktur-struktur tersebut di atas, ada juga bagian yang dinamakan “Seismic Bearing” yaitu bantalan karet yang berfungsi untuk menahan redaman gaya getaran. Seismic Bearing juga digunakan sebagai penahan gempa bumi pada proyek LRT Jabodebek.

Semoga dapat menambah wawasan.

Sumber InADHI / edit koranbumn.com

Check Also

KIEC Telah Tandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) menandatangani Nota Kesepahaman Pembentukan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *