Home / Berita / Novel Sitti Nurbaya, Monumen Sastra Angkatan 20-an

Novel Sitti Nurbaya, Monumen Sastra Angkatan 20-an

Disampaikan sinopsis hari ini berjudul “Sitti Nurbaya” karya Marah Roesli

Novel Sitti Nurbaya, kasih tak sampai karya Marah Roesli diterbitkan pertama kali oleh Balai Pustaka pada tahun 1922. Meski diterbitkan dua tahun setelah Azab dan Sengsara, novel ini dianggap sebagai monumen sastra angkatan 20. Tidak heran jika tahun 1969, novel ini meraih penghargaan tahunan dari pemerintah Republik Indonesia. Hampir semua kritikus sastra Indonesia menempatkan Sitti Nurbaya sebagai karya penting dalam sejarah kesusastraan Indonesia.

Dalam khazanah sastra Indonesia, hanya Sitti Nurbaya, tokoh fiktif yang namanya paling dikenal. Nama Sitti Nurbaya menjadi simbol sebuah zaman, yaitu zaman perjodohan atau kawin paksa, di mana kaum wanita tak bisa menentukan calon suaminya sendiri. Bukan hanya itu, nama Sitti Nurbaya juga diabadikan sebagai nama sebuah jembatan di Kota Padang. Bahkan tak sedikit orang yang percaya bahwa tokoh ini memang pernah ada. Ia menjelma menjadi mitos. Sedemikian hidupnya tokoh fiktif ini, sampai-sampai di Gunung Padang ada kuburannya yang sering diziarahi.

Selama ini, nasib buruk yang dialami Sitti Nurabaya sering disalahpahami sebagai akibat kawin paksa. Padahal, pernikahannya dengan Datuk Maringgih bukan akibat paksaan orang tua, melainkan atas keinginannya sendiri. Sitti Nurbaya melakukan itu demi menyelamatkan ayahnya yang hendak dipenjara karena tak mampu melunasi hutang-hutangnya pada Datuk Maringgih, merupakan pengorbanan seorang anak yang mengasihi ayahnya. Hal ini menunjukkan ketinggian budi seorang anak.

Secara tematik, novel ini tidak sekedar menampilkan latar sosial yang lebih jelas, tetapi juga kritik terhadap adat istiadat yang lebih tegas. Meski masih mengusung persoalan perjodohan seperti dalam novel terdahulunya, Azab dan Sengsara, tetapi konflik yang diangkat lebih rumit dan lebih luas lagi.

Sobat Balai Pustaka yang berminat untuk memiliki buku tersebut, silahkan menghubungi ;
1. Bapak Juan >>> 08122351895
2. Bapak Supriadi >>> 081317424255
3. Tokopedia.com/tokobalaipustaka
4. Blanja.com/store/tokobalaipustaka

Sumber InBalaiPustaka / edit koranbumn.com

Check Also

Manajemen Semen Dynamix Optimistis Pasar Semen Domestik Tetap Tumbuh

Jajaran pimpinan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang memproduksi semen Dynamix, optimistis pasar semen di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *