Home / Berita / Pelindo 1 Kenalkan Wawasan Maritim kepada Anak-anak

Pelindo 1 Kenalkan Wawasan Maritim kepada Anak-anak

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 hari ini menggelar kegiatan untuk mengenalkan wawasan maritim kepada anak-anak sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Acara ini diisi dengan mengajak para siswa untuk melihat langsung kegiatan di pelabuhan di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan dan lomba menggambar. Kegiatan yang merupakan rangkaian acara untuk memperingati HUT Pelindo 1 ke-26 yang bertepatan pada tanggal 1 Desember 2018 lalu ini sekaligus untuk mengenalkan anak-anak tentang peran penting pelabuhan bagi Indonesia.

Acara diawali dengan mengajak anak-anak berkunjung ke Belawan International Container Terminal (BICT) untuk melihat secara langsung aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan sehingga anak-anak memperoleh pengetahuan dan gambaran tentang dunia Kepelabuhanan. Setelah puas melihat kegiatan di pelabuhan, kegiatan dilanjutkan dengan lomba mengambar dan mewarnai.

“Lomba Menggambar dan Mewarnai ini merupakan salah satu wujud nyata Pelindo 1 untuk mengenalkan dunia Kepelabuhanan kepada anak-anak. Sebelum mereka memulai menyalurkan kreativitasnya, kami ajak mereka mengunjungi pelabuhan untuk memberikan edukasi tentang peran pelabuhan dan dunia maritim agar dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak kepada dunia maritim sejak dini. Anak-anak terlihat antusias dan gembira bisa berkunjung ke pelabuhan, sehingga membuat mereka mengerti keadaan dan aktivitas di pelabuhan yang dituangkan dalam kertas gambar mereka,” jelas Menejer SDM dan Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya.

Kegiatan yang diilustrasikan oleh anak-anak di kertas gambar antara lain tentang Pelabuhan Belawan, kapal, nelayan, aktivitas bongkar muat peti kemas, dan ilustrasi-ilustrasi lain yang menggambarkan imajinasi anak-anak tentang dunia pelabuhan. Dalam lomba yang berlangsung selama satu jam tersebut, anak-anak tampak antusias menuangkan imajinasi dan kreativitasnya di kertas gambar yang disiapkan.

Khairul Ulya menambahkan bahwa lomba ini diikuti oleh perwakilan dari TK dan SD yang berada di Belawan, di sekitar wilayah operasional Pelindo 1. “Pelindo 1 sebagai BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan, tak hanya semata-mata mencapai target perusahaan saja, tapi terus berupaya untuk memajukan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya sebagai wujud bakti untuk bangsa,” terang Khairul Ulya.

Pemenang Lomba Menggambar dan Mewarnai ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori lomba menggambar untuk tingkat SD dan kategori lomba mewarnai untuk tingkat TK, dan setiap pemenang memperoleh hadiah berupa thophy, sertifikat, dan uang tunai.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

Pelindo 1, Indonesia Gateway.

Check Also

Proyek NINDYA, Pembangunan Airport Learning Center Diresmikan

Gedung Airport Learning Center Angkasa Pura II yang di bangun NINDYA telah diresmikan ditandai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *