Home / Berita / PEP Lestarikan Kerajinan Batik Sipin

PEP Lestarikan Kerajinan Batik Sipin

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama memiliki core business di bidang hulu migas. Sejalan dengan hal tersebut, PT Pertamina EP (PEP) juga senantiasa menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah untuk stakeholder. Salah satunya melalui Corporate Social Responsibility (CSR) kerajinan batik di wilayah PEP Asset 1 Jambi Field.

PEP Development Director (Direktur Pengembangan), John Hisar Simamora, beserta jajaran management PEP ber¬ke¬sempatan bercengkrama dengan pengurus dan pengerajin batik tulis Sipin Jajaran yang merupakan Mitra Binaan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field dalam rangkaian kegiatan Management goes to Community (MGTC) di Balai Tenun Kota Jambi, Legok, Danau Sipin, Rabu (24/10). Kunjungan Direktur Pengembangan mendapat sambutan yang hangat dari Ketua Pengurus, Tina dan para pengerajin batik tulis.

Dengan didampingi oleh Tri Sasongko, Pjs. Asset 1 General Manager, John terlihat bercengkrama dengan seluruh pengerajin yang menghidupkan suasana di Balai Tenun siang itu. Dalam kesempatan MGTC kali ini, John menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pengurus Batik Sipin Jajaran dan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field yang berkolaborasi dengan sangat baik untuk menghidupkan kembali batik tulis yang merupakan kebudayaan asli Jambi. “Batik adalah kekayaan tradisi budaya Indonesia, dengan banyak mengetahui tentang budaya, akan semakin bertambah wawasan kita”, tutur John. John berharap agar animo masyarakat sebagai pengerajin batik tulis di lingkungan sekitar semakin bertambah, begitu juga dengan variasi batik yang harus mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar.

Dalam kegiatan selanjutnya, Direktur Pengembangan mendapatkan penjelasan terkait alat dan bahan yang digunakan saat membatik serta tahapan membuat sebuah kain batik. John Hisar Simamora juga turun langsung “membatik” denngan menggunakan canting dan malam panas yang telah disiapkan. Kemudian John diajak untuk melihat galeri sementara di Balai Tenun dan tak lupa di akhir MGTC, beliau membeli kain batik sebagai bentuk apresasinya kepada kelompok pengerajin.

Dengan CSR kerajinan batik sipin ini, PEP bersama masyarakat penerima manfaat saling berkolaborasi mengembangkan kerajinan dalam rangka tumbuh bersama dari sisi produksi PEP Jambi Field yang saat ini berkisar 3.211 BOPD

Sumber Pertamina

Check Also

WEGE Dapatkan Proyek Pembangunan Kompleks Perkantoran Bank Mandiri Senilai Rp211 Miliar

⁣ Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Nariman Prasetyo bersama Direktur Utama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *