Home / Berita / Pertamina – ITDC Bangunkan Kembali Lombok di Sektor Pariwisata

Pertamina – ITDC Bangunkan Kembali Lombok di Sektor Pariwisata

Untuk memulihkan kembali perekonomian di Lombok pasca gempa yang menimpa pada Agustus lalu, Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) menggelar Rapat Koordinasi dengan tema “Penguatan Aspek HSSE dan Peningkatan Kapabilitas SDM serta Strategi Procurement untuk mencapai Operational Excellence Direktorat Pengolahan” yang berlokasi di Hotel Novotel Resort and Villas Lombok selama dua hari, 2-3 Desember 2018.

Pemilihan lokasi di Lombok bukan tanpa sebab, manajemen menilai Lombok memiliki potensi wisata yang besar sehingga kedatangan Pertamina mampu membangkitkan semangat turis lokal maupun mancanegara untuk terus melakukan promosi wisata.

“Lombok dipilih untuk memulihkan kembali Lombok pasca gempa sehingga diharapkan dapat memancing turis untuk datang kembali ke Lombok,” ujar Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif.

Saat di Lombok, Pertamina digandeng oleh BUMN yang bergerak dibidang pariwisata yaitu Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Ini merupakan ajang dimana Lombok harus dibangkitkan di sektor  pariwisata. Hal ini juga sesuai dengan arahan pemerintah bahwa BUMN harus saling bersinergi. Pertamina sebagai BUMN yang turut serta membantu menghidupkan kembali kawasan yang terkena bencana.

“Untuk pelaksanaan tersebut kita digandeng oleh BUMN yang ditunjuk oleh pemerintah yaitu ITDC. Yang terkena dampak cukup parah waktu gempa adalah Lombok Barat dan Utara, sehingga turis tidak ada yang datang. Hal ini mengakibatkan ekonomi masyarakat menjadi lumpuh dan kehidupan sulit. Agar turis kembali datang, maka dikembangkan area Lombok Tengah salah satunya Kuta Mandalika yg dikelola oleh ITDC, jelasnya.

Peserta Rakor baik dari pusat maupun Refinery Unit Pertamina diajak menjelajah ke kawasan yang dikembangkan oleh ITDC, terutama di kawasan pantai Lombok yang indah dan mengagumkan. Seperti  Senggigi, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Batu Payung,  Pantai Kuta, Pantai Mawun, Pantai Semeti, Pantai Selong Belanak dan lainnya.

“Pada saat acara di sana, dikenalkan oleh Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan, kawasan yang sedang dan akan dikembangkan sebagai  destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun asing. Kami diperlihatkan kawasan pantai yang indah, Pantai Kuta Mandalika,” tutupnya.•IDK

Check Also

Proyek NINDYA, Pembangunan Airport Learning Center Diresmikan

Gedung Airport Learning Center Angkasa Pura II yang di bangun NINDYA telah diresmikan ditandai dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *