Home / Berita / PTBA Serahkan Tugu Belido Bukit Asam ke Pemerintah Kota Palembang

PTBA Serahkan Tugu Belido Bukit Asam ke Pemerintah Kota Palembang

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyerahkan Tugu Belido Bukit Asam kepada Pemerintah Kota Palembang pada Minggu (11/02) di pelataran Benteng Kuto Besak, Palembang. Penyerahan ini dilakukan oleh Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin kepada Walikota Palembang, Harnojoyo.

Pada acara ini pula, keduanya menandatangani prasasti Tugu Belido. Tugu Belido Bukit Asam sendiri mulai dibangun sejak November 2016 dan selesai pada September 2017 dengan menggunakan dana CSR PTBA. Pembangunan Tugu Belido oleh PTBA merupakan sebuah wujud komitmen PTBA untuk turut serta membangun Palembang. Pembangunan Tugu Belido Bukit Asam sendiri bertujuan untuk meningkatkan objek wisata Palembang yang sejalan dengan Program Pembangunan Development Musi Riverside Tourism.

Tugu Belido Bukit Asam memiliki tinggi total 9 meter, dengan tinggi patung Ikan Belido sekitar 6 meter dan panjang patung ikan mencapai 12 meter. Patung ikan yang terbuat dari tembaga setebal 1,2 mm dan dilapisi perak ini memiliki berat mencapai 3 ton. Dipilihnya Ikan Belido untuk menjadi tugu ikon baru Kota Palembang, karena Ikan Belido merupakan salah satu ikan asli Sungai Musi dan merupakan bahan baku pembuatan makanan khas Palembang. Populasi Ikan Belido sendiri semakin menurun sehingga diharapkan melalui Tugu Belido ini dapat mengajak masyarakat untuk terus melestarikan Ikan Belido.

Sementara itu, pemilihan Benteng Kuto Besak sebagai tempat dibangunnya Tugu Belido ini karena Benteng Kuto Besak merupakan salah satu pusat keramaian yang diminati oleh masyarakat, wisatawan, serta tempat diselenggarakannya berbagai kegiatan

Dikutip Situs Web Bukit Asam

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *