Home / Berita / Tahap IA Ultimate Makassar New Port Selesai Akhir Oktober

Tahap IA Ultimate Makassar New Port Selesai Akhir Oktober

Pelindo IV (persero) berencana meluncurkan Tahap I Fase A (1A) sebagai bagian dari proyek pelabuhan Ultimate Makassar New Port di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Peluncuran Tahap 1A rencananya dilakukan pada akhir Oktober 2018 mendatang.

“Tahap 1A ini diluncurkan dermaga sepanjang 362 meter dari 1.482 hektar (ha) berdasarkan rencana,” kata Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang di kawasan pengembangan Makassar New Port, Makassar, Sulbar, Jumat (5/10).

Pembangunan Ultimate Makassar New Port dimulai sejak 2015 yang merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2025.

Farid menjelaskan dermaga yang segera diluncurkan memiliki kedalaman 16 meter, dengan tinggi empat meter di atas permukaan laut. Karena itu, ia memastikan konstruksi proyek itu mampu bertahan lebih dari 100 tahun.

Saat ini, Farid mengatakan, proyek Tahap 1A selesai pengerjaanya dengan presentase 85,54 persen yang terdiri atas dermaga, lapangan penumpukan causeway (penghubung) sepanjang 2,5 km. Ia mengatakan pengerjaan Tahap 1A memakan biaya sekitar Rp 2,51 triliun dari total anggaran sebesar Rp 89,57 triliun.

Farid mengatakan, peluncuran Tahap 1A menjadi awal operasional pelabuhan yang ditargetkan mampu mengirim berbagai produk ke luar negeri. Pengerjaan proyek Tahap 1 terbagi menjadi fase A, B, C, dan D. Pengerjaan Tahap 1B dan 1C memiliki panjang dermaga 680 meter yang masih dalam tahap pengembangan.

Sumber Republika.co.id

Check Also

Pertamina Tuntaskan Penanganan Pipa Cimahi dan Maksimalkan Distribusi BBM

Hingga saat ini, PT Pertamina (Persero) masih membersihkan sisa BBM di sekitar lokasi pipa Cimahi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *