Home / Berita / Uji Dinamis Roket R-Han 450

Uji Dinamis Roket R-Han 450

PT DAHANA (Persero) sebagai penyedia bahan peledak, bekerja sama dengan LAPAN, Balitbang Kementerian Pertahanan, PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan PT PINDAD (Persero) yang tergabung dalam Konsorsium Roket Nasional melaksanakan uji coba Roket R-Han 450 di Pameungpeuk, Jawa Barat, Jum’at, 28 Desember 2018.

Acara pengujian Roket R-Han 450 ini dibuka oleh Diputi Teknologi Penerbangan & Antariksa LAPAN, Kabalitbang KEMHAN, dan Dirtekbang PT DAHANA (Persero). Roket ini telah beberapa kali mengalami uji coba untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam uji coba sebelumnya pada tahun 2016, R-Han 450 sukses meluncur sejauh 55 km. Serangkaian penyempurnaan masih terus dilakukan, hingga diharapkan roket ground to ground untuk artileri medan ini dapat menjangkau jarak ideal 100 km.

R-Han 450 merupakan roket tipe balistik dengan panjang total 7,2 meter, diameter 46 cm, massa total 1.750 kg, massa propellan 750 kg, dengan jangkauan maksimum <100 KM dan kecepatan maksimum 3.300 km/jam.

Sebelumnya Roket ini dikenal dengan nama RX 450, perubahan nama menjadi R-Han 450 dan peningkatan kemampuan pada roket balistik ini diharapkan bisa segera diproduksi massal untuk kepentingan pertahanan dalam Negeri maupun komersil. “Harapannya, roket ini terus mengalami perbaikan performance, khususnya bagi Industri Pertahanan agar bisa segera diproduksi masal, karena produksi masal akan membawa keuntungan bagi Industri Pertahanan, terutama untuk DAHANA.” ujar Heri Heriswan Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA.

Sumber DAHANA / edit koranbumn.com

Check Also

Menteri Erick Thohir Tegaskan Pengangkatan Komisaris dan Direksi BUMN Harus Melalui TPA

Pengangkatan komisaris dan direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus melalui proses tim penilai akhir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *