Home / Berita / WIKA Masih Mengerjakan Pembangunan Bendungan di Kabupaten Indramayu

WIKA Masih Mengerjakan Pembangunan Bendungan di Kabupaten Indramayu

Proyek Pembangunan Bendungan Cipanas, Jawa Barat yang berada di bawah tanggung jawab PPK Pelaksaan Pembangunan Bendungan III, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Proyek Pembangunan Bendungan, Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Cirebon.

Dari 2 paket pekerjaan yang ada, PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. (WIKA) berkesempatan mengerjakan mengerjakan Paket 1 bersama dengan PT Jaya Konstruksi (WIKA-JAKON KSO)

Bendungan yang berlokasi di Desa Cibuluh, Kabupaten Indramayu tersebut memiliki volume timbunan bendungan ini sebesar 3,080 juta m3 dengan kapasitas tampungan air sebesar 250juta m3. Pekerjaan WIKA melingkupi pekerjaan terowongan pengelak dengan panjang 400 meter dan diameter 6 meter dan pekerjaan bendungan utama (main dam). Bendungan ini ditargetkan akan siap beroperasi pada November 2020 dan diharapkan akan mampu mengirigasi wilayah Sumedang dan Indramayu seluas 8.000 Ha, sebagai sumber air baku dengan debit 0.85 m3/detik, sebagai pengendalian banjir di Wilayah Hilir Pantai Utara Indramayu dan juga dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Mini Hidro sebesar 3 MW.

Manajer Proyek Bendungan Cipanas, Ngatemin mengatakan saat ini timnya tengah fokus pada pekerjaan galian terowongan pengelak menggunakan metode NATM (New Austrian Tunneling Method). Untuk memitigasi keruntuhan, tim proyek melakukan review perhitungan jarak temporary supporting dengan mempertimbangkan setiap kondisi geologi yang ada. “Saat ini kami tengah melakukan investigasi ulang dan review terhadap sifat properti sampel batuan yang ada dan melakukan trial grouting untuk mengetahui efektif dan tidaknya batuan pondasi untuk ditingkatkan kekerasan dan kekedapannya,” ujarnya.

Sumber In WIKA

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *