Home / Berita / WIKA Tambah Portofolio Proyek Bendungan di Sukamahi

WIKA Tambah Portofolio Proyek Bendungan di Sukamahi

WIKA mendapat kepercayaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengerjakan Proyek Bendungan Sukamahi. Proyek yang telah dimulai sejak Desember 2016 lalu ini ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020.
Proyek Pembangunan Bendungan Sukamahi di Gadog Kabupaten Bogor ini merupakan salah satu proyek Strategis Nasional yang penyelesaiannya sangat dinantikan oleh masyarakat dikarenakan permasalah banjir akibat meluapnya Sungai Ciliwung masih sering terjadi.

Pada proyek ini WIKA bertanggung jawab untuk mengerjakan saluran pengelak yang nantinya akan menjadi waterway sepanjang 225m, bendungan utama, serta bangunan pelimpah. Manajer Proyek Bendungan Sukamahi Yusril Amri mengungkapkan bahwa pengerjaan proyek saat ini berhasil dijalankan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Tim Proyek terus berupaya agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu walaupun menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan proyek. “Kami mengalami keterbatasan lahan kerja dan kondisi kemiringan eksisting yang sangat curam dan sempit sehingga disposal area dan stockpile sangat tidak mencukupi untuk menampung hasil galian,” ujar Yusril.

“Disamping tantangan yang dihadapi, tim proyek selalu berinovasi untuk mensiasati lahan kerja yang terbatas dengan mereview bangunan pengelak dari konstruksi tunnel menjadi konstruksi konduit dengan pipa baja setebal 2 cm sebagai steel lining-nya, dan menambah area disposal dengan menempatkan kontainer bekas di sepanjang sungai yang berfungsi seperti terowongan air dimana bagian atasnya dapat menampung sebagian hasil galian untuk nantinya dapat digunakan kembali sebagai material timbunan, jadi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mensiasati keterbatasan lahan di lapangan” tutup Yusril

Sumber InWIKA

Check Also

Penataan Aset Negara, Jasa Tirta II Berharap Dapat Tingkatkan Pendapatan

Perum Jasa Tirta II merampungkan pembangunan hotel dan pusat pendidikan di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *