Home / Berita / Kereta Kencana di Candi Borobudur

Kereta Kencana di Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur memberikan banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti mengetahui situs bersejarah warisan dunia, menikmati keindahan relief yang sangat luar biasa, serta menikmati keindahan pemandangan sekitar Candi Borobudur yang masih sangat asri. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati salah satu transportasi tradisional yang terkenal pada zaman kerajaan jawa yaitu Kereta Kencana.

Kereta Kencana adalah salah satu transportasi yang dihadirkan PT TWC di kawasan wisata Candi Borobudur. Pada zaman kerajaan Mataram, transportasi menggunakan Kereta Kencana hanya diperkenankan untuk keluarga kerajaan dan tidak semua orang bisa menaiki Kereta Kencana pada waktu itu.

Seiring perkembangan zaman, transportasi tradisional ini mulai jarang ditemui saat ini. PT TWC Unit Candi Borobudur berusaha untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali Kereta Kencana di kawasan wisata ini. Tujuan diadakannya pelayanan ini untuk menarik wisatawan dalam menikmati transportasi tradisional, serta memperkenalkan unsur-unsur kearifan lokal yang dimiliki oleh kebudayaan jawa.

Penampilan Kereta Kencana serta Kusir yang menjadi pengendali Kereta Kencana sangat kental dengan tampilan khas Jawa. Penampilan kusir Kereta Kencana menarik perhatian wisatawan melalui baju Surjan yang dikenakan oleh Kusir, lengkap dengan topi khas jawa yaitu blangkon yang menjadi daya tarik wisatawan untuk menaiki Kereta Kencana ini.

Dengan menggunakan Kereta Kencana ini, pengunjung akan diantar mengelilingi kawasan wisata Candi Borobudur. Adanya Kereta Kencana ini, wisatawan dapat bernostalgia seperti berada di suasana zaman dahulu. Fasilitas yang diberikan oleh Manajemen TWC Borobudur ini, tidak hanya berkeliling kawasan wisata Candi Borobudur, Kusir Kereta Kencana akan berhenti di salah satu tempat yang sangat bagus untuk mengabadikan foto bersama Kereta Kencana. Kusir akan menawarkan kepada wisatawan untuk mengabadikan foto dengan latar belakang pemandangan Candi Borobudur. Moment ini sangat bagus untuj diabadikan dan menjadi buah tangan para wisatawan Candi Borobudur.

Sumber TWC edit koranbumn

Check Also

Kementerian ESDM Bagi-bagi Pengelolaan Blok Corridor ke ConocoPhillips, Pertamina dan Repsol

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral resmi menyerahkan pengelolaan Blok Corridor ke ConocoPhillips, Pertamina dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *