Home / Berita / Kerja Sama Elnusa Tbk – Schlumberger : Optimalisasi Kompetensi Jasa Hulu Migas Terintegrasi
LOGO BARU

Kerja Sama Elnusa Tbk – Schlumberger : Optimalisasi Kompetensi Jasa Hulu Migas Terintegrasi

Salah satu afiliasi Pertamina, PT Elnusa Tbk (Elnusa) menandatangani kerja sama dengan Schlumberger untuk mengoptimalisasi kompetensi dan sumber daya (resources) dalam jasa hulu migas terintegrasi.

Bentuk perjanjian yang disepakati adalah Master Cooperation Agreement (MCA) dan Wireline Master Service Agreement (Wireline MSA) selama lima tahun.

Penandatanganan kerja sama yang dilakukan di lantai 20 Kantor Pusat Pertamina ini disaksikan langsung oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan Samsu, pada Senin (10/12/2018).

Direktur Utama Elnusa Tbk Tolingul Anwar menyatakan, ada tiga tujuan besar yang hendak dicapai dalam kerja sama ini. Yaitu, peningkatan kapasitas nasional dalam servis hulu migas, alih teknologi yang ada di dalamnya, serta berbagi peluang dan risiko untuk meningkatkan pertumbuhan bersama.

“Untuk mencapai hal ini, partnership sangat dibutuhkan dalam mempercepat agilitas kinerja di era saat ini,” ujarnya.

Elnusa dan Schlumberger menyetujui lima lini servis kerja sama dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran dan produksi minyak, surface production serta integrated services.

Sebagai langkah awal, kedua belah pihak sepakat untuk memulainya dalam bidang wireline. “Elnusa merupakan bagian dari grup Pertamina, dan Pertamina saat ini mendapatkan kesempatan mengelola beberapa wilayah kerja migas yang telah habis masa kontraknya. Tentunya pengelolaan ini membutuhkan kontraktor jasa. Elnusa berharap akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam rangka sinergi Pertamina Group. Sedangkan Schlumberger, memiliki teknologi dan resources yang bisa dioptimalkan untuk pengelolaan hal tersebut. Kerja sama ini tentunya akan saling menguntungkan untuk semua pihak,” imbuh Tolingul.

Elnusa berkeyakinan bahwa kerja sama ini akan semakin mengokohkan posisi sebagai perusahaan nasional jasa energi yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan. Diversifikasi portofolio dalam bidang jasa hulu migas terintegrasi, distribusi & logistik energi dan jasa penunjang, memberikan keuntungan akan meningkatkan nilai layanan yang lebih baik.

Sumber PERTAMINA

Check Also

WIKA Terapkan Teknologi Building Information Modeling pada 80 Proyek

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) terus melakukan inovasi dalam setiap proyek yang digarap. Salah satunya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *