Home / Berita / Literasi Pelindo Mengenal Kapal Tunda

Literasi Pelindo Mengenal Kapal Tunda

Kapal Tunda (Tug Boat) biasanya digunakan untuk memberikan pelayanan kepada kapal yang mempunyai panjang lebih dari 70 meter yang melakukan gerakan (olah-gerak) di perairan wajib pandu, baik  yang akan sandar ataupun meninggalkan pelabuhan, dengan cara menggandeng, mendorong  dan menarik.

Pemanduan kapal tersebut  dimaksudkan untuk kepentingan  pertimbangan keselamatan pelayaran.

Jumlah awak kapal tunda tergantung dari besar kecilnya daya kapal tunda. Kapal tunda  type heen-scren dengan daya 600 s/d 1000 HP minimal diawaki 13 orang yang terdiri dari nakhoda,  mualim I, mualim II, kepala kamar mesin (KKM), masinis I, masinis II dan juru masak yang masing-masing satu orang serta juru mudi, kelasi dan juru motor yang masing-masing sebanyak dua orang.

Para awak kapal tersebut harus mempunyai ijazah keahlian sesuai bidangnya. Untuk lebih  jelasnya,  dalam  tabel  di  bawah  ini  dirinci  mengenai  jenis  kapal  tunda, awak kapal yang harus ada dan ijazah, yang harus dimilikinya.

sumber InPelindo1 / edit koranbumn.com

Check Also

PP Presisi Perkirakan Hanya Bisa Belanjakan Modal Sebesar 70 Persen dari yang Dianggarkan

PT PP Presisi Tbk. konservatif dalam menggunakan dana belanja modal atau capital expenditure. Dari dana yang disiapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *